Mahasiswa KKN 256 Kembangkan Hidroponik di MAN 3 Dewantara

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 256 Kembangkan Hidroponik di MAN 3 Dewantara

UNIMALNEWS | Dewantara - Mahasiswa Kuliah kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 256 Universitas Malikussaleh melakukan sosialisasi dan praktek pembuatan hidroponik di MAN 3 Dewantara , Gampong Lancang Barat,  Aceh Utara, Sabtu (20/11/2021).

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 256 adalah Maulana Alsmy (Teknik Mesin), Arief Rizqy  (Teknik Mesin), Muhammad Arif Savinsada Daulay (Teknik Elektro), Mustafa Kamal (Hukum), Faidzil Affa (Hukum), Risna Ritonga (Sosiologi), Rosyita (Sosiologi), Ayu Purnama (Administrasi Bisnis), Nisa Humaira (Administrasi Bisnis), Nadia (Administrasi Bisnis), di bawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Yesy Afrillia M.Kom.

Perwakilan Mahasiswa kelompok 256, Maulana Alsmy mengatakan, sosialisasi dan praktek ini dilakukan secara langsung untuk pembuatan dan pemanfaatan instalasi hidroponik dengan tujuan pemberdayaan siswa siswi MAN 3 Dewantara agar dapat memanfaatkan lahan sempit menjadi suatu usaha yang menguntungkan yaitu metode bercocok tanam tanpa media tanah, melainkan menggunakan media air sebagai medium Utama untuk menggantikan tanah.

“Kegiatan ini dapat dilakukan di rumah sehingga dapat membantu menambah pendapatan. Sosialisasi dan praktek ini dihadiri oleh seluruh anggota kelompok KKN PPM 256 dan seluruh siswa siswi MAN,” katanya.

Lanjut Maulana, tujuan dari sosialisasi dan praktek langsung ini adalah untuk menerapkan pengetahuan yang telah dilakukan bersama kelompok KKN 256 sehingga sosialisasi ini dapat dirasakan manfaatnya.

Instalasi hidroponik ini diserahkan kepada guru MAN 3 yang mana nantinya bisa dikelola oleh siswa siswi MAN 3. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat membantu pemberdayaan masyarakat serta bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar, tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar