Dosen Unimal Gelar Penyuluhan Pembuatan Antiseptik Berbahan Herbal di Gampong Blang Gurah

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Gelar Penyuluhan Pembuatan Antiseptik Berbahan Herbal di Gampong Blang Gurah

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Dosen Program Studi Teknik Material, Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh melaksanakan salah satu kewajiban dosen dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat dengan memberikan penyuluhan terkait pembuatan antiseptik dari salah satu bahan herbal yang merupakan tanaman asli Indonesia yaitu daun sirih (Piper betle) di Meunasah Gampong Blang Gurah, Kecamatan Kuta Makmur,  Aceh Utara, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini diketuai oleh Dr Zulnazri dengan anggotanya Dr Rozanna Dewi, Agam Muarif MT, Khaidir M.Si dan beberapa mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh.

Pada kesempatan itu, Dr Zulnazri mengucapkan banyak terimakasih kepada mahasiswa KKN dari Unimal serta  masyarakat Gampong Blang Gurah karena telah bersedia hadir dan mengikuti kegiatan ini dengan tertib.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat dan dapat diterapkan di kehidupan sehari hari,” kata Zulnazri yang juga Ketua Program Studi Teknik Material dan dosen pengajar di Program Studi Teknik Kimia dan Magister Energi Terbarukan, Universitas Malikussaleh.

Zulnazri menyampaikan, selain sebagai wujud realisasi kewajiban seorang dosen kepada masyarakat, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar dapat membuat antiseptik dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal yang ada dilingkungan sekitar.

“Pengetahuan yang diberikan bukan hanya tentang cara pembuatan antiseptik, tetapi juga manfaat antiseptik dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah untuk menghambat pertumbuhan kuman,” ungkapnya.

Pada kegiatan penyuluhan tesebut, dosen Unimal juga melakukan simulasi tentang cara pembuatan antiseptik berbahan herbal yang merupakan campuran dari ekstrak daun sirih, perasan jeruk nipis dan etanol. Penyuluhan yang dilaksanakan ini disambut antusias oleh warga, terutama dari kaum ibu-ibu masyarakat Gampong Blang Gurah.

“Ini merupakan salah satu wujud dari semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan terutama dalam hal kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Penyuluhan ini juga diharapkan dapat menjadi pendongkrak kreativitas masyarakat disini,” pungkas Zulnazri.

Plt. Geuchik Gampong Blang Gurah, Nasruddin Ilyas menyampaikan, dalam kegiatan ini, masyarakat Blang Gurah juga merasa sangat terbantu akan kegiatan yang dilakukan Dosen Unimal, karena mendapat pengetahuan baru tentang cara membuat antiseptik dari daun sirih. “Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada para dosen dan  mahasiswa Unimal khususnya mahasiswa Program Studi Teknik Material yang telah mengadakan kegiatan ini. Kami sangat senang karena disini kami bisa tahu bagaimana cara membuat antiseptik, apalagi bahan yang digunakan sangat mudah untuk didapatkan dan memang banyak dikebun sekitar sini,” tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar