Dosen Akuakultur Unimal Ajarkan Budi Daya Lele Sistem Akuaponik "Budikdamber" kepada Siswa SMK

SHARE:  

Humas Unimal
Teknik budi daya ikan lele secara akuaponik melalui budikdamber (budi daya dalam ember). Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Dosen Prodi Akuakultur Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melakukan pengabdian kepada masyarakat tentang teknik budi daya ikan lele sistem akuaponik budikdamber (budi daya dalam ember) kepada siswa SMK Negeri 6 Lhokseumawe. Pengabdian yang dilaksanakan pada Sabtu (20/6/2021) itu dilakukan oleh tiga orang dosen yakni Salamah MSi, Mahdaliana MSi, dan Rachmawati Rusydi MSc.

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan usaha budi daya ikan lele sistem akuaponik. Hal ini disebabkan karena ikan lele merupakan ikan air tawar yang populer di daerah Aceh dan memiliki pasar di Kota Lhokseumawe. 

“Apabila siswa mampu melakukan kegiatan budi daya ikan lele sistem akuaponik dalam ember ini dapat memberikan keuntungan dobel, karena bisa panen lele sekaligus tanaman dari hasil akuaponik, salah satunya yaitu sayur kangkung,” jelas Salamah.

Dipilihnya SMKN 6 Lhokseumawe sebagai tempat pengabdian dikarenakan sekolah itu memiliki Jurusan Agribisnis Perikanan.

“Banyak kelebihan yang didapat dengan melaksanakan budi daya ikan lele secara akuaponik di dalam ember seperti bisa dilakukan pada lahan yang sempit dan tidak memerlukan modal yang besar,” ucap Salamah.

Kegiatan pengabdian itu dimulai dengan pemaparan materi tentang bagaimana melakukan budi daya ikan lele secara akuaponik di dalam ember. Setelah itu, dilanjutkan dengan praktik sehingga siswa bisa melihat secara langsung bagaimana budi daya itu dilakukan.

Kepala SMKN 6 Lhokseumawe, Dra Suharyati berharap kegiatan seperti ini perlu dilakukan lagi untuk meningkatkan kreatifvitas siswa dengan tema yang berbeda sehingga dapat meningkatkan kreativitas unit produksi di sekolah. “Setelah  ini diharapkan siswa dapat melakukan usaha budi daya ikan lele sistem akuaponik baik di lingkungan sekolah maupun usaha mandiri di rumah, sehingga siswa dapat belajar berwirausaha secara mandiri,”  tutupnya.[ryn]


Kirim Komentar