Mahasiswa KKN 191 Sosialisasi Manfaat Bunga Telang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 191 Sosialisasi Manfaat Bunga Telang

UNIMALNEWS | Simpang Keuramat - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 191 Universitas Malikussaleh melaksanakan kegiatan Sosialisasi Bunga Telang di Balai Pengajian Darul Kiram Almunawwarah Gampong Keude Simpang Empat, Kecamatan Simpang Keuramat, Kabupaten Aceh Utara, Senin  (12/11/2021).

Mahasiswa yang berada dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Nazaruddin MAP adalah Syifa Chairunnisa, Faiza Ardianti, Wina Andria, Zikra Ihtasya Annabila, Nabil Ibnu Sina, (Kedokteran) Halim Muhshi Amran, Yoga Hussainy Lubis, (Teknik Sipil) dan Zata Taris Zharfan, (Hukum).

Anggota KKN kelompok 191, Zikra Ihtasya Annabila yang menjadi pemateri sosialisasi Bunga Telang menyampaikan, bunga telang memiliki manfaat yaitu untuk mempercantik pekarangan rumah dan sebagai pewarna makanan, serta bunga telang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Karena Bunga Telang memiliki sejumlah manfaat seperti sebagai antioksidan, antibakteri, anti inflamasi dan analgesik, antidiabetes, dan antihistamin.

“Cara menanam bunga telang dapat dilakukan dengan metode yang paling mudah, yaitu dengan cara menabur biji. Biji disemai atau langsung disebar ke tanah yang akan digunakan untuk media tanam bunga telang. Dalam proses pertumbuhan Bunga Telang ini sebaiknya tanah dijaga agar jangan sampai kering. Sekitar 5 hari akan muncul tunas. Bunga telang cepat sekali tumbuh. Asalkan rajin disiram,” jelasnya.

Zikra menyebutkan, sosialisasi tentang manfaat dan potensi bunga telang sebagai salah satu minuman kesehatan dilakukan dengan pembagian leaflet kepada para peserta dilanjutkan dengan penjelasan leaflet tersebut oleh pemateri. 

“Para peserta dari ibu-ibu majelis taklim nampak sangat antusias mendengarkan penjelasan dari pemateri dan beberapa peserta juga mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab,” tutupnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar