Mahasiswa KKN-PPM 022 Ikut Jadi Pengawas Ujian ANBK di SDN 02 Kuta Makmur

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM 022 Ikut Jadi Pengawas Ujian ANBK di SDN 02 Kuta Makmur

UNIMALNEWS | Kuta Makmur - Mahasiswa yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata  Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 022 Universitas Malikussaleh ikut serta dalam mengawasi pelaksanaan ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SD Negeri 02 Kuta Makmur,  Aceh Utara, Kamis (18/11/2021).

Kelompok KKN 022 ini terdiri dari 10 orang anggota yang saling bekerjasama dan dari jurusan yang berbeda-beda, yaitu Imam Mawardi, Munisa Hanum, Intan maghfirah, Rizky Amanda Yusnuri,  dari Prodi Ekonomi Pembangunan,  Afisha tirta surya lestari (Akuntansi), Mutia Sari , Putri Ulfa (Ilmu Politik), Yudhi Franata , Arif budi Prayoga  (Teknik Informatika), dan Dilla Hartanti (Psikologi). Mereka dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dedy Syahputra MH.

Ketua KKN, Imam Mawardi mengatakan, ANBK adalah suatu program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah yang bertujuan untuk menghasilkan informasi mengenai perbaikan kualitas belajar mengajar di sekolah.

“Peserta didik yang mengikuti ujian ANBK sebanyak 30 orang. Kegiatan ini   hanya diikuti oleh murid tingkat kelas 5 . Selanjutnya bentuk soal yang digunakan dalam ujian ANBK ini terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian,” katanya.

Imam menyebutkan, kegiatan ini dimulai dengan mematuhi protokol Kesehatan Covid-19. Setelah itu mahasiswa KKN-PPM-022 menjadi operator dan juga membagikan kartu ID dan password kepada para peserta ujian yang mengikuti ujian ANBK tersebut. Juga mengawasi jika ada kendala yang  terjadi selama ujian berlangsung karena ANBK online harus memiliki akses internet yang sangat stabil untuk komputer yang digunakan oleh peserta ujian, serta memiliki komputer lain yang digunakan untuk memberikan token kepada peserta ujian ANBK.

“Pengawas sangat senang dan terbantu dengan adanya bantuan dari kami mahasiswa karena bisa mempermudah berlangsungnya ujian ANBK. Mengawasi ujian online secara langsung ini juga merupakan pengalaman pertama bagi kami selaku mahasiswa karena menjadi operator dan penanggung jawab dalam jalannya ANBK di SDN 02 Kuta Makmur ini,” tutupnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar