Mahasiswa KKN-PPM 182 Adakan Sosialisasi Covid-19 di SDN 10 Muara Batu

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM 182 Adakan Sosialisasi Covid-19 di SDN 10 Muara Batu

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh Kelompok 182 mengadakan sosialisasi di SD Negeri 10 Muara Batu, Aceh Utara, Rabu (10/11/2021).

Mahasiswa yang berada dibawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Munawwar Khalil M.Si adalah M.Ibnu Hajar (Teknik Sipil) selaku ketua kelompok, Siti Meidina, Tessana Rosalia, Chamila Syawnu (Teknik Sipil), Dirra Vachira, Rita Sahara, Siti Rahmatini, Mauliza (Manajemen), Rahmayani, Mutia Rahmah (Ilmu Politik).

Ketua kelompok KKN 182, Muhammad Ibnu Hajar F Harahap mengatakan, sampai saat ini pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Hal ini berdampak pada kegiatan belajar – mengajar di sekolah dasar, salah satunya di SDN 10 Muara Batu. Mengacu pada  kebijakan Pemberlakuan  Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, Nadiem Anwar Makarim selaku Menteri Pendidikan menuturkan bahwa satuan pendidikan harus memperhatikan zona wilayahnya dalam menentukan aktivitas pembelajaran. Dikarenakan risiko penyebaran covid-19 di kabupaten Aceh Utara maka SDN 10 Muara Batu masih memberlakukan kegiatan belajar-mengajar secara shift. 

“Kami ikut turun ke lapangan untuk berpartisipasi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 dengan cara melakukan edukasi dan sosialisasi di SDN 10 Muara Batu,” katanya

Lanjut Ibnu, salah satu yang mereka lakukan adalah dengan memberitahukan pentingnya penggunaan masker, menjaga jarak serta mempraktekkan cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Pihak sekolah, baik kepala sekolah, dewan guru maupun siswa sangat menyambut baik serta antusiasme terhadap sosialisasi yang diadakan. Sosialisasi tersebut berjalan dengan lancar serta dimeriahkan dengan adanya kuis.

 “Sosialisasi ini merupakan bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat, selain itu juga bertujuan untuk menghimbau kepada siswa SDN 10 Muara Batu agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, selalu menggunakan masker ketika di luar rumah, serta pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Lanjut Ibnu, dengan adanya sosialisasi ini mahasiswa KKN-PPM 182 berharap kedepannya agar siswa SDN 10 Muara Batu dapat mengimplementasikan hasil dari sosialisasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka, dan lingkungan sekolah  tersebut menjadi lingkungan yang patuh akan protokol kesehatan.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar