Kepala BNN Aceh dan Bupati Bireuen Ikut Buka Asesmen Akreditasi Prodi Hukum Universitas Malikussaleh

SHARE:  

Humas Unimal
Asesmen Akreditasi Prodi Hukum Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe  - Program Studi (Prodi) Hukum Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh menjalani asesmen lapangan  secara daring untuk akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) selama dua hari, yakni Senin dan Selasa (13-14/12/2021) di Gedung Rektorat Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe.

Pantauan Unimalnews, Asesmen lapangan Prodi Hukum kali ini selain dibuka oleh Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng, juga dihadiri sejumlah pejabat publik yaitu, Bupati Aceh Utara, H. Muhammad Thaib, Bupati Bireuen, Dr H. Muzakkar A. Gani M.Si, dan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh, Brigjen. Pol. Heru Pranoto, M.Si.

Dua orang asesor yang akan melakukan asesmen lapangan untuk prodi tersebut adalah Dr Nanik Tri Hastuti M.Hum dari Universitas Diponegoro, dan Dr Candra Irawan M.Hum dari Universitas Bengkulu.

Rektor Unimal, Prof Herman Fithra mengatakan, saat ini Unimal terus bangkit untuk menjadi pelopor pendidikan di nusantara demi kemajuan dan pembangunan Indonesia kedepan. Apalagi Fakultas Hukum yang para lulusan sarjana dan magisternya saat ini sudah tersebar di seluruh Indonesia bahkan luar negeri dengan berbagai profesi, ada yang menjadi hakim, pengacara, polisi, dan sudah bekerja di sejumlah kantor pelayanan publik lainnya.

“Kita harapkan Prodi Hukum bisa mendapatkan akreditasi unggul dan ini cita2 kita semua untuk bisa menjadi unggul,” katanya.

Bupati Bireuen, Dr H. Muzakkar A. Gani M.Si menyebutkan, sebelumnya pemekaran, Bireuen juga bagian dari Kabupaten Aceh Utara. Untuk saat ini, Pemkab Bireuen sudah mebangun berbagai kerjasama dengan bahkan banyak pegawai sebelumnya bukan lulusan Unimal, tapi ambil S2 di Unimal.

"Kami berharap Fakultas Hukum bisa menjadi unggul dan terus berkonstribusi untuk memberi bantuan hukum dan advokasi kepada masyarakat khususnya kami di kabupaten Bireuen. Saya lihat dengan kesiapan Unimal saat ini, layak jadi kampus unggul," tuturnya.

Dekan Fakultas Hukum, Prof Jamaluddin menyampaikan untuk saat ini Fakultas Hukum mempunyai dua Program Studi  yaitu Prodi Hukum dan Magister Hukum dengan jumlah 48 orang dosen baik yang berpendidikan dalam negeri maupun luar negeri.

“Semua dosen ini punya kualitas yang luar biasa, karena dari segi usia mereka masih muda-muda dan ini merupakan potensi yang sangat besar yang dimiliki oleh Fakultas Hukum. Kami berharap untuk akreditasi kali ini Prodi Hukum bisa mendapat nilai yang unggul, ” ungkapnya.

Setelah pembukaan, kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan pernyataan Asesmen Lapangan yang dilakukan oleh pimpinan UPPS yakni Dekan Fakultas Hukum, Prof Dr Jamaluddin dan Kaprodi Hukum, Dr Marlia Sastro MHum dan turut disaksikan oleh para Asesor, Rektor Unimal, wakil rektor, wakil dekan, Kepala Badan Penjaminan Mutu Universitas Malikussaleh, Ketua LPPM Unimal, dan sejumlah pejabat lain yang bergabung secara daring melalui aplikasi Zoom.[tmi]


Kirim Komentar