AKSI-ADB Universitas Malikussaleh Gelar Penganugerahan Book Grant, Best Presenter, dan Best Poster Research

SHARE:  

Humas Unimal
AKSI-ADB Universitas Malikussaleh Gelar Penganugerahan Book Grant, Best Presenter, dan Best Poster Research. Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Tim Proyek AKSI - ADB ( Advanced Knowledge and Skills for Sustainable Growth Project - Asian Development Bank) Universitas Malikussaleh mengadakan Sosialisasi AKSI-ADB 2022 dan Penganugerahan Buku Terbaik, Best Presenter, dan Best Poster Research Grant AKSI-ADB 2021 di Ruang Teuku Umar, Hotel Diana, Lhokseumawe, Rabu (15/12/2021).

Untuk kategori Book Grant juara pertama adalah  Ayi Jufridar dengan judul bukunya “Eksotisme Wisata Aceh” yang diterbitkan oleh Gramedia. Kemudian, juara kedua  Rinaldi Mirsa dengan judul buku “Pola Ruang Kerajaan Samudra Pasai” yang diterbitkan oleh K-Media sedangkan juara ketiga  Ikhyanuddin dengan judul bukunya “Kiat Sukses Implementasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah” terbitan Media Sains Indonesia.

Selanjutnya, untuk katagori Research Grant (peneliti), untuk  Best Poster diraih oleh tim Sri Setiawaty (Ketua), Isna Rezkia Lukman, dan Riska Imanda dengan judul penelitian "E-Puzzle Chembook: Pengembangan Buku Aktivitas Siswa SMA Berbasis Teka-Teki Kimia sebagai Media Edukasi Pembelajaran Daring". Selanjutnya Best Presenter  diberikan kepada Meriatna (Ketua) dengan anggotanya Zulmiardi, Dr. Suryati, dan Dr. Sulhatun dengan penelitiannya tentang "Penggunaan Katalis Basa Heterogen (Heterogeneous Base Catalyst) dari Tandan Pisang Awak untuk Proses Transesterifikasi Minyak Kelapa Sawit menjadi Biodiesel".

Kemudian, untuk Research Grant For General Topics, penghargaan Best Poster diberikan kepada tim Dr Saifuddin (Ketua), dengan anggotanya Dr. Yulia, dan Dr. Naufal Bachri yang meneliti tentang “Dampak Pengembangan Biodiesel terhadap Masyarakat di Sekitar Perusahaan PTPN 1 Aceh Tamiang Provinsi Aceh”. Kemudian Best Presenter diberikan kepada tim Iswadi (Ketua), Dr. Darmawati dan Marzuki dengan judul penelitian “Coffee Sustainability dan Dampaknya terhadap Geo Tourism:  Analisis Peran Pemerintah dan Koperasi (Survey pada Petani Kopi di Bener Meriah dan Aceh Tengah)”.

Untuk kategori Research Grant For Innovation In Agriculture tim Rd Selvy Handayani (Ketua ), Dr. Naufal Bachri, Rachmawati Rusydi dan Doni Pangestu dengan judul  “Kajian Masa Siman dan Pre-treatment Buah Kelapa Sawit (Elaeis guineensis) Untuk meningkatkan Rendemen Lipid”meraih penghargaan Best Poster dan  Best presenter yaitu tim Dr Mawardati (Ketua), Nasruddin, dan Muliana dengan judul penelitian “Teknologi Peningkatan Rendemen dan Mutu Minyak Kemiri sebagai Sumber Biodiesel”.

Kategori Research Grant Collaboration Project Grant untuk Best Poster diberikan kepada Yulia (Ketua), Dr Mawardati, Dr Khalsiah dan Dr Rozanna Dewi dengan judul “Pemetaan Kebijakan dalam Penyelenggaraan Pendidikan yang Berbasis Pengarusutamaan Gender di Unimal”. Selanjutnya untuk Best Presenter disusul dari tim  Azhari Muhammad Syam (Ketua), Rachmawati Rusydi dan Rd Selvy Handayani dengan judul penelitian “Evaluasi Kualitas Biodiesel Berbasis Mikroalga (Dunaliella salina) yang Dikultivasi dengan Penerapan Injeksi Karbon dalam Media Kotoran Ternak Terfermentasi”.

Sekretaris Proyek AKSI-ADB  Unimal, Deassy Siska MSc mengatakan,  motivasi dan tujuan Proyek AKSI-ADB adalah untuk memperluas akses terhadap pendidikan tinggi yang berkualitas, berinovasi untuk meningkatkan taraf hidup dan kemakmuran masyarakat.

Menurutnya, total biaya ADB sebesar  55.684.059 dollar AS di antaranya  47.556.261 dollar AS pinjaman luar negeri,    8.727.197 dollar AS dana pendamping. Untuk tahun 2021, dana yang diimplementasikan adalah Rp57.467.197.000.

"Sebagian besar dialokasikan untuk Pembangunan CWM 01 dan Program Pengembangan Kapasitas (Soft Program).  Program AKSI ADB Unimal ini adalah untuk meningkatkan  sarana dan prasarana untuk menjadi pusat unggulan inovasi dan teknologi pertanian,” kata Deassy.

Lanjutnya, Book Grant dan Research Grant adalah bagian dari Soft Program AKSI-ADB. Tahun ini pendaftar research Grant sebanyak 202 proposal dan yang berhasil diseleksi ada 38 penelitian dengan 4 kategori penelitian. 

“38 tim penelitian telah melaksanakan seminar hasil pada Selasa 14 Desember 2021 dan telah kita rekap nilai presentasi terbaik dan poster terbaik dari rekap penilaian reviewer. Untuk book Grant sejumlah 32 buku telah diikutsertakan dalam penganggaran book grant. 32 Jenis buku ini dibagi dalam 3 kriteria yaitu  buku umum/buku ajar, buku monograf/referensi untuk mendukung topik Gender dan Center Excellence, dan  buku yang menyentuh pemberdayaan masyarakat, konomi di tengah Covid atau Ekowisata,” tutur Deassy.

Kepala Biro  Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerja Sama, Dr T. Nazaruddin menyampaikan, sejak tahun 2019 hingga 2024 Unimal akan melaksanakan sejumlah program baik dalam meningkatkan akreditasi juga untuk memenuhi pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan juga untuk mendapatkan berbagai bantuan hibah dari kementerian, dan ini merupakan suatu sumber daya yang sangat luar biasa dalam mendukung percepatan dan penguatan Universitas Malikussaleh menuju UnimalHebat di tahun 2024.

"Apa yang telah dilaksanakan selama ini, khususnya program yang diorganisir oleh AKSI-ADB ini telah memberikan kontribusi yang sangat luar biasa," ungkapnya.

Dengan adanya dosen yang memiliki kualitas dalam menghasilkan penelitian, buku, dan jurnal nasional serta internasional bahwa telah memberikan kontribusi untuk Unimal.

"kita bersama-sama mempunyai tanggung jawab moral untuk mendukung visi misi Unimal menuju UnimalHebat 2024. Jadi saya mengucapkan selamat kepada para dosen yang telah dianugerahkan penghargaan dan mendapat nilai terbaik pada hari ini," tutupnya.

Di akhir acara, person in charge (PIC) Finance Proyek AKSI - ADB Dr. M. Haykal mengingatkan agar mereka yang mendapatkan  Research Grant 2021 untuk segera menuntaskan kewajiban pajak negara secepat mungkin serta memperbaiki dokumen keuangan penelitian sebelum kunjungan tim audit BPK di awal Maret 2022.[tmi]


Kirim Komentar