Mahasiswa Komunikasi Universitas Malikussaleh Gelar Webinar “Himako Chit Chat”

SHARE:  

Humas Unimal
Tangkapan layar aplikasi Google Meet

UNIMALNEWS | Lhokseumawe  - Divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himako) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh menggelar Webinar dengan tema “Get a scholarship and make aplikasi Google Meet” secara daring, Minggu (16/1/2022).

Webinar tersebut turut diikuti oleh Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi dan Ilmu Politik, Bobby Rahman M.Si dan Sekretarisnya, Kamaruddin M.Si, serta Yose Pratama Syaputra sebagai penerima beasiswa Bank Indonesia, dan Nadiyah Syifani sebagai penerima beasiswa Cendekia Baznas (Badan Amil Zakat Nasional).

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi dan Ilmu Politik, Bobby Rahman mengatakan, mahasiswa memiliki peluang untuk dapat meraih beasiswa dari mana saja.Dengan adanya forum ini maka akan mempermudah komunikasi terhadap informasi tersebut.

"Beasiswa bisa kita dapatkan dari manapun tapi bagaimana cara kita mendapatkan informasi tentang beasiswa itu. Forum ini cukup positif untuk memberikan informasi dan pemahaman untuk generasi muda di Ilmu Komunikasi untuk mencari informasi bagaimana caranya untuk mendapatkan beasiswa. Semoga kegiatan ini bisa memberikan pencerahan kepada mahasiswa bahwa ada banyak yang bisa  diperoleh selama ada usaha untuk mencapainya,” katanya.

Sementara, Sekretaris Jurusan Ilmu Komunikasi dan Ilmu Politik, Kamaruddin Hasan menyampaikan, proses untuk mendapatkan beasiswa bergantung pada mindset mahasiswa.

“Yang harus ditanamkan mindset dalam kuliah adalah untuk mengembangkan ilmu  dan apa yang dilakukan selama menjadi mahasiswa,” ungkapnya.

Yose Pratama dalam materinya menjelaskan bahwa program sosial berupa beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian dari Bank Indonesia terhadap masa depan negara dalam bidang pendidikan dan juga bertujuan untuk membantu mahasiswa yang memang membutuhkan beasiswa dalam menunjang pendidikannya.

“Beasiswa Bank Indonesia adalah salah satu program sosial dari Bank Indonesia, bahwasannya Bank Indonesia mempunyai kepedulian sosial melalui terhadap dunia pendidikan. Tujuan beasiswa Bank Indonesia sendiri yaitu untuk membantu mahasiswa yang kekurangan ekonomi untuk kuliah,” papar Yose Pratama.

Yose juga menjelaskan, tips dan trik agar mendapatkan beasiswa Bank Indonesia, salah satunya adalah mahasiswa harus jujur dalam melampirkan prestasi dan percaya diri ketika interview.

Kemudian materi kedua disampaikan oleh Nadiyah Syifani mengenai beasiswa Baznas,yang didalamnya tidak hanya membantu dalam segi materiil namun juga dalam segi mentoring yang rutin dilakukan setiap bulannya.

 “Baznas adalah Badan Amil Zakat Nasional. Tujuan Beasiswa Baznas salah satunya adalah menyediakan dana pendidikan demi terjaminnya pendidikan bagi golongan kurang mampu. Beasiswa ini melakukan mentoring setiap bulannya agar mengasah Mahasiswa. Yang bisa didapatkan dari Beasiswa ini bukan hanya uang saja tetapi dapat kegiatan yang dilakukan dari Baznas pusat seperti bagaimana kita menjalankan suatu bisnis, temu akbar mahasiswa penerima beasiswa Baznas.” jelas Nadiyah.[mcl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar