LingKA Antropologi Unimal Sukses Gelar Webinar Review Buku Ke- 2

SHARE:  

Humas Unimal
LingKA Antropologi Unimal Sukses Gelar Webinar Review Buku Ke 2, Kamis, (10/02/2022), Foto: Tangkapan Layar Zoom Meeting

UNIMALNEWS| LhokseumaweLingkaran Kerabat Antropologi (LingKA) Jurusan Antropologi dan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Malikussaleh sukses menggelar webinar (Book Review) ke- 2 dengan tema “Antropologi Visual dan Arti Fotografer”. Kegiatan ini menghadirkan mahasiswa semester akhir sebagai penelaah sesuai dengan sub tema yang telah ditentukan yaitu Alwi Mustafa, Dinda Rosaleha, Rina Putri, Rina Mastura, Shela Pratiwi Siagian, dan Adinda Hana Sajidah. Webinar yang digelar melalui aplikasi Zoom Meeting pada Kamis, (10/02/2022).

Ketua Program Studi Antropologi, Ade Ikhsan Kamil, MA, mengatakan, webinar ini mengangkat isu masalah tentang makna sebuah foto dan fotografer yang dituliskan oleh Roland Barthes dalam bukunya yang berjudul Camera Lucida. Kegiatan ini untuk menstimulus bahwa kegiatan akademik harus lebih didahulukan dan diutamakan oleh mahasiswa.

“Saya sangat apresiasi kepada pengurus LingKA yang sudah bersusah payah menyiapkan penelaah dan segala persiapan kegiatan untuk media diskusi ini, harapannya kegiatan ini menjadi modal percaya diri bagi para mahasiswa saat berada diruang publik selain juga menjadi media meningkatkan kompetensi keilmuan” ujarnya.

Ketua Jurusan Antropologi dan Sosiologi, Dr. Abdullah Akhyar Nasution dalam arahannya  mengatakan webinar ini cukup menarik, dimana buku yang berjudul Camera Lucida merupakan suatu buku pendek yang bercerita tentang sebuah foto yang memiliki banyak makna, keterlibatan foto pada perasaan, dan dengan sebuah foto kita bisa melihat sejarah, kebudayaan dan nilai estetika yang terkandung dalam foto tersebut.

“Saya sangat mendukung webinar seperti ini untuk secara berkelanjutan digelar, karena untuk mendukung pengetahuan yang luas dan menjadi suatu kebudayaan tentunya harus dibiasakan. Review Buku ini sebagai bentuk kegiatan dalam mewujudkan suasana akademik dengan bentuk keterlibatan mahasiswa” pungkasnya.

Acara yang dimoderatori oleh Ketua Lingkaran Kerabat Antropologi terpilih Ari Kautsar, berlangsung dari pukul 14.00 WIB sampai dengan 16.30 WIB. yang dihadiri oleh para mahasiswa Program Studi Antropologi. [riz]


Berita Lainnya

Kirim Komentar