Tingkatkan Kemampuan Membangun Relasi Berorganisasi, LingKA Gelar Inisiasi

SHARE:  

Humas Unimal
Tingkatkan Kemampuan Membangun Relasi Berorganisasi, LingKA Gelar Inisiasi. Jum'at, 01 Maret 2022. Foto: Tangkapan Layar Zoom Meeting

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Lingkaran Keluarga Antropologi (LingKA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh, menggelar kegiatan inisiasi tingkatkan kemampuan membangun relasi berorganisasi. Kegiatan ini digelar secara daring (online) pada tanggal 18 Februari s/d dan 01 Maret 2022.

Kegiatan yang berlangsung selama 15 hari tersebut mengambil tema "Belajar Untuk Peduli dan Berbagi" dibuka oleh Ketua Jurusan Antropologi dan Sosiologi, Dr. Abdullah Akhyar Nasution. Dalam sambutannya menyampaikan agar kegiatan inisiasi tersebut adalah bagian yang harus dijalani oleh setiap keanggotaan organisasi, untuk itu para mentor haruslah terus mendidik adik-adiknya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan.

Salah satu narasumber dalam kegiatan inisiasi ini Alnugransyah Asri, Sekjen Jaringan Kekerabatan Antropologi Indonesia (JKAI) dari Universitas Khairun Maluku Utara. Dalam pengantarnya menyampaikan, JKAI merupakan salah satu wadah bagi para mahasiswa S1 seluruh jurusan Antropologi di Indonesia, kehadirannya untuk memajukan Antropologi dengan budaya berdiskusi dan membangun kekerabatan bersama. Ada 19 Universits yang terdaftar, dan terbagi dalam 3 wilayah di seluruh Indonesia, salah satunya LingKA Unimal yang berada di wilayah satu Sumatera.

Ketua Program Studi Antropologi Ade Ikhsan Kamil, MA. menyampaikan bahwa, proses inisiasi dapat dikatakan bentuk kedekatan yang secara aktif dibangun oleh Abang dengan adek-adeknya untuk memberikan pemahaman bagi mereka berlandaskan pengalaman yang dipelajari sebelumnya.

“Kegiatan ini juga memberi suatu proses bagi para peserta membagun relasi dilingkup Nasional, dan saya berharap setelah inisiasi ini berlangsung, para pengurus harus membangun komunikasi terhadap kerabat antropologi di luar Aceh” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, M.Yugo pratama menyampaikan, kegiatan ini merupakan pintu pembuka bagi adik-adik pengurus LingKA untuk belajar mengikuti perkembangan antropologi kedepan dalam membangun relasi dengan pengurus organisasi mahasiswa antropologi seluruh Indonesia.

“Kegiatan inisiasi ini kami lakukan sebagai langkah bergabungnya LingKA pada forum keorganisasian di tingkat Nasional yaitu Jaringan Kekerabatan Antropologi Indonesia (JKAI)” pungkas Yugo. [rizki]


Berita Lainnya

Kirim Komentar