Rektor Unimal Kukuhkan Dua Guru Besar Ilmu Tanah dan Teknik Informatika

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Unimal Kukuhkan Dua Guru Besar Baru. Foto Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Universitas Malikussaleh kembali mengukuhkan dua guru besar baru yakni Prof Dr Ir Khusrizal MP dan Prof Dr Ir Dahlan Abdullah MKom IPU ASEAN Eng yang dilaksanakan di Aula Cut Meutia, Kampus Bukit Indah Lhokseumawe, Sabtu (12/3/2022). Keduanya dikukuhkan sebagai guru besar oleh Rektor  Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra ASEAN Eng dalam rapat terbuka senat yang dihadiri oleh seluruh anggota senat dan juga para tamu undangan.

Kemudian, pembacaan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Pengangkatan dua guru besar itu dilaksanakan oleh Prof Dr Jamaluddin dan diikuti pengalungan tanda kehormatan guru besar baru di Unimal.

Prof Dr Ir Khusrizal MP merupakan dosen Ilmu Tanah dan guru besar pertama di Fakultas Pertanian, kemudian Prof Dr Ir Dahlan Abdullah MKom IPU ASEAN Eng salah seorang dosen di Teknik Informatika Fakultas Teknik. Ia juga merupakan guru besar pertama di Prodi Teknik Informatika dan Profesor yang ketiga di fakultas tersebut.

Rektor  Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra mengatakan, hari ini akan menjadi hari bersejarah kepada dua orang yaitu Prof Dr Khusrizal dan Prof Dr Dahlan Abdullah di lingkungan Universitas Malikussaleh. "Alhamdulilah tujuan kita bersama menjadikan UnimalHebat di tahun 2024 dan sudah dituangkan dalam naskah akademik ini sudah mulai terlihat," katanya.

Herman menyebutkan, Ditjen Dikti dalam rapat dengan para rektor, mendorong semua dosen untuk segera menapaki jenjang kepangkatan fungsional dan rencananya pada 1 Juli 2021 dosen yang belum Lektor kepala nanti prosesnya akan dilaksanakan di Universitas Malikussaleh.

"jadi nanti teman-teman yang masih pada jabatan lektor atau lektor kepala dengan nilai kredit 550 sudah bisa siap-siap dengan publikasi yang baik sesuai standar yang ada untuk segera berproses dapat angka kredit 700 sebelum menjadi profesor," ungkap Herman.

Rektor Unimal juga menyampaikan kabar gembira bagi dosen yang punya profesi sebagai insinyur dan doktor untuk menjadi profesor tidak harus lagi semata-mata lewat jalur akademik. " Insya Allah lewat jalur profesionalnya juga bisa diangkat dalam jabatan profesor. Saya pikir ini terobosan-terobosan yang telah disiapkan oleh kemenristek RI dan pelaksanaanya adalah Dikti, Semoga peluang yang ada ini bisa dimanfaatkan oleh teman-teman semua," sebutnya.

Rektor Herman berharap dengan pengukuhan dua profesor pada tahun 2022 ini semoga menjadi spirit dan semangat buat teman yang lain agar cepat menjadi guru besar. Unimal memimpikan dua tahun kedepan enam bulan kedepan ada 22 orang profesor di Unimal.

Kemudian di akhir penyampaian kata sambutan, Rektor  Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra menyampaikan titipan kepada para profesor dengan pantun "Burung terbang menari-nari, terbang tinggi jauh ke angkasa. Para profesor wajib menghasilkan inovasi untuk menuju UnimalHebat, Unimal rumah Kita".[tmi]


Kirim Komentar