Begini Cara Mahasiswa KKN Kelompok 09 Ajak Anak-anak Cegah Stunting

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Kelompok 09 mengajarkan senam antistuntunting kepada anak-anak PAUD di Gampong Tgk Dibanda Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara, Jumat (17/6/2022). Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Tgk Dibanda Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara, memiliki cara menarik untuk membangun kebiasaan hidup sehat di kalangan anak-anak, yakni melalui olahraga yang mereka sebut senam antistunting. Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan tema KKN tahun ini.

Mahasiswa KKN dari Kelompok 09 melakukan kegiatan tersebut mendapat dukungan dari guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di desa setempat. Mahasiswa dan guru PAUD mengarahkan anak-anak agar dapat menjaga kesehatan dan makan makanan dengan gizi seimbang.

Kelompok 09 adalah Zikrillah dan Nurul Hayati (Pendidikan Matematika), Ahmad Dirman (Pendidikan Vokasional Teknik Mesin), Raffi Lingga Ariga (Teknik Sipil), dan Zahrul Fauza (Teknik informatika).

Kemudian Khaira Usrati dan Jely Anjelika ( Pendidikan Kimia), Putri Fadillah (Pendidikan Fisika), Dewi Maulina (Teknik Arsitek), serta  Mulia Zahara (Pendidikan Sastra Indonesia). Kelompok tersebut mendapat bimbingan dosen dari  Lidya Rosnita, SM. Kom.

Ketua KKN Kelompok 09, Zikrillah, mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kebugaran dan membangkitkan semangat anak-anak agar dapat hidup sehat dan tumbuh tanpa stunting. “Kegiatan ini diikuti oleh guru PAUD di Banda Pirak agar dapat diterapkan sebagai rutinitas awal memasuki tahap pembelajaran,” katanya, Sabtu (18/6/2022).

Menurut Zikri, kegiatan hidup sehat tersebut bekerja sama dengan para guru di PAUD Banda Pirak. Mereka mengarahkan peserta didik agar dapat menjaga kesehatan dan makan makanan yang bergizi. “Anak-anak sangat menikmati dan gembira mengikuti kegiatan ini. Senam sehat ceria pencegahan stunting membawa dampak positif bagi anak-anak,” pungkasnya.[ayi]

Baca juga: Mahasiswa KKN 04 Sosialisasi Pencegahan Stunting Di Gampong Nga


Kirim Komentar