Sivitas Akademika Unimal Bersihkan Sampah di Pantai Laut Ujong Blang

SHARE:  

Humas Unimal
Sivitas Akademika Unimal Bersihkan Sampah di Pantai Laut Ujong Blang. Foto: bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - UPT Bahasa, Kehumasan, dan Penerbitan Universitas Malikussaleh kembali memperingati Dies Natalis yang ke-53 tahun kampus kebanggaan masyarakat pase itu dengan membersihkan pantai laut ujong Blang Lhokseumawe dari sampah,  Minggu (19/6/2022).

Kegiatan tersebut di sponsori oleh Vinca Rosea, Bang Azhari Foundation, SKK Migas, IOG, Premier Oil, Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) Kota Lhokseumawe, dan Rumah Sakit Arun Lhokseumawe . Puluhan mahasiswa dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) juga turun langsung ke lokasi untuk mengutip sampah yang sudah berserakan di bibir pantai laut tersebut. UKM yang terlibat diantaranya, UKM Pramuka, UKM KSR-PMI Unit 04, UKM-PA UMPAL, UKM Menwa, UKM LDF Al-Fawaz.

PIC kegiatan, Bobby Rahman MSi mengatakan, kegiatan ini mengusung tema “Derap Langkah Menyelamatkan Bumi” sebagai bentuk kampus peduli lingkungan dari bagian serangkaian memperingati Dies Natalis Unimal yang ke-53 tahun. Produksi sampah yang semakin masif mendorong pihaknya untuk semakin peduli dalam pengelolaan sampah berbasis 4R (reduce, reuse, recycle,dan replace) demi masa depan yang lestari.

“Terima kasih kepada semua sponsor dan mahasiswa yang telah membantu sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik,” katanya.

Kepala UPT Bahasa, Kehumasan, dan Penerbitan Universitas Malikussaleh, Teuku Kemal Fasya MHum menyampaikan, kegiatan ini disamping bagian dari upaya penyelamatan lingkungan pesisir, juga kampanye untuk berhenti mengotori laut dengan sampah, termasuk sampah non-organik.

“Kami temukan banyak sampah yang menista laut seperti pipet, bungkusan plastik, botol plastik, hingga pampers. Belum lagi batok kelapa yang dibuang pemilik jambo tanpa perasaan bersalah. Sama sekali tidak ada nuansa Syariat Islam melihat pemandangan itu,” ungkap Kemal dengan rasa yang penuh perhatian.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini, semoga bisa menggugah banyak orang untuk menyelamatkan pantai, biota laut, dan kemurnian laut sebagai titipan Tuhan.

 

“Salut untuk kawan-kawan dan mahasiswa yang berpartisipasi pada kegiatan ini. Termasuk mengedukasi anak-anak kami untuk tidak mengikuti perilaku orang-orang dewasa yang nyampah sembarangan,” ujar Kemal.

Pimpinan Klinik Vinca Rosea, Azhari ST menyebutkan, ia hadir kegiatan tersebut karena merasa terpanggil hati untuk membersihkan pantai laut Ujong Blang dari sampah. “Saya juga sebagai alumni dari almamater Unimal yang hari ini bersama mahasiswa untuk mengajak umat manusia menyelamatkan pantai kita dari sampah,” tutur Azhari yang saat ini juga dikenal sebagai Bang Azhari  Foundation.[tmi]


Kirim Komentar