Mahasiswa KKN Kelompok 14 Buka Kelas Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 14 Buka Kelas Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 14 Universitas Malikussaleh mengadakan kegiatan pendampingan kelas Bahasa Inggris pada anak-anak Sekolah Dasar di meunasah Gampong Leuhong, Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara, Senin (20/6/2022).

Mahasiswa yang bergabung dalam KKN PPM Universitas Malikussaleh kelompok 14 diketuai oleh Ahmad Khairi dengan anggotanya Alvin Azhar Hutasuhut, Fuji Fikri Rama, Fahrurazi Prasetia, Rahmita Zulfa, Nur Wahyuni, Juliana, Cut Reka Syahfitri, Deslia Ramanda, Rita Rahma Yulis.

Salah seorang mahasiswa KKN, Rahmita Zulfa mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa peserta MBKM Membangun Desa/KKN Periode Semester Genap 2021/2022. Pembukaan awal kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, 20 Juni 2022 yang bertempat di Meunasah Gampong Leuhong dengan target utama yaitu siswa SD kelas 3, 4, 5 dan 6. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari dan berlangsung selama 1 jam 30 menit.

“Kegiatan ini dilaksanakan di masa liburan anak-anak, Kegiatan pembelajaran dimulai pukul 09.00 WIB pagi, sesuai dengan jadwal masuk di SD di Desa Leuhong. Sebelum memasuki kelas, para mahasiswa KKN memberikan sentuhan ceria dengan menyanyikan lagu-lagu anak yang berbahasa inggris,” katanya.

Lanjutnya, Geuchik Gampong Leuhong menyambut baik mahasiswa KKN dan juga senang karena mendapatkan program kerja pendampingan Bahasa Inggris untuk para anak usia sekolah di desanya. Anak-anak merasa tertarik dan juga sangat bersuka cita dengan kedatangan mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh. Pada program ini, kegiatan bahasa Inggris diberi judul “Fun Class”. Materi kelas tersebut berupa What are you doing, Family Member, dan Parts of the Body.

“Materi-materi ini sebagai bahasa Inggris dasar yang diajarkan kepada anak-anak, mengingat bahwa di Indonesia kebanyakan masyarakat kurang tertarik dengan bahasa Inggris. Selama kelas KKN dilaksanakan, anak-anak dapat mengikuti pembelajaran dengan mengisi soal-soal yang bersangkutan dengan materi yang diajarkan,” tutur Rahmita.

Dari tempat terpisah, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 14, Deassy Siska MSC sangat mengapresiasi tindakan mahasiswa KKN Kelompok  14 ini dengan mengedukasi anak-anak pada masa liburan melalui pembelajaran Bahasa Inggris.

“Pendidikan anak-anak di usia sekolah merupakan tanggung jawab kita bersama untuk saling mengisi dan bahu membahu memberikan sentuhan pelajaran, terlebih Bahasa inggris agar bisa menjadi keseharian anak-anak di masa liburan, Harapan kita bersama, kegiatan ini dapat menjadi motivasi anak-anak desa dalam belajar Bahasa inggris di sekolah nantinya,” ungkapnya.[tmi]


Kirim Komentar