Peduli Kesehatan, Mahasiwa KKN PPM Kelompok 18 Dampingi Kegiatan Posyandu Gampong Ulee Blang

SHARE:  

Humas Unimal
foto ist

 

 

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa KKN PPM Kelompok 18 yang melakukan pengabdian di Gampong Ulee Blang, Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, melakukan pendampingan kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di gampong setempat, Senin (27/06/2022).

Kegiatan yang bertujuan untuk penanganan dan pencegahan stunting tersebut, rutin dilakukan setiap akhir bulan, berupa pembagian kartu BPJS,  pelayanan untuk ibu hamil dan balita  seperti mengukur tinggi, berat badan,  pemberian makanan tambahan (PMT) dan imunisasi campak, ungkap Husnul Fuadi selaku Ketua KKN PPM Kelompok 18.

Diharapkan, dengan adanya posyandu dimaksud dapat mengedukasi masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan serta dapat membantu masyarakat dalam mengawasi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak terutama balita yang berdomisili di Gampong Ulee Blang.

Sementara itu, Kepala Puskesmas,Pirak Timu Ns. Muslim, M.K.M mengharapkan, semua tim kaderisasi diharapkan memakai baju seragam, mendata semua ibu hamil dan balita yang ikut posyandu, serta dapat menangani kaum ibu-ibu yang datang mendengarkan arahan dari bidan posyandu mengenai rumah sehat dan pola hidup sehat serta lingkungan yang sehat sebagai upaya untuk mencegah terjadinya stunting, katanya.

Pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN PPM Kelompok 18 dengan  membungkus makanan, membagikan nomor antrian, mengukur tinggi badan serta berat badan balita, sangat membantu ibu-ibu yang datang ke Posyandu.

Salah seoarang Kader Posyandu Nurhayati mengatakan  dengan adanya pendampingan dari mahasiswa KKN PPM Kelompok 18 sangat membantu berlangsungnya kegiatan ini, sehingga kegiatan ini lebih terkontrol dengan baik.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Hidayat. MH, ikut menambahkan bahwa anak merupakan amanah Tuhan dan harapan bangsa kedepan, maka diperlukan perhatian khusus terhadap anak dalam hal gizi, kesehatan dan pendidikan.

“Apa yang dilakukan adik-adik mahasiswa KKN Unimal kelompok 18 sangat positif dan respon masyarakat sangat baik atas kerjasama dan pendampingan yang dilakukan”, ucap Hidayat S.H., MH. (Mcl)


Berita Lainnya

Kirim Komentar