Mahasiswa KKN- PPM Kelompok 019 Ajak Anak Gampong Serdang Pedomani Budaya Hidup Sehat

SHARE:  

Humas Unimal
Foto ist

 

 

UNIMALNEWS| Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN- PPM) kelompok 19 Universitas Malikussaleh, mengajak anak-anak Gampong Serdang, Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara, untuk membudayakan pola hidup sehat.

 

Salah satu upaya yang dilakukan oleh kelompok 19 adalah dengan mengajak anak-anak dalam menjaga kebersihan kuku sejak dini untuk anak-anak tingkat SD dan TK.

 

Salah seorang anggota kelompok 019 Sylda Adhitami Hasibuan mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukan oleh pihaknya, agar anak-anak paham tentang pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri terlebih dahulu terutama pada kuku.

 

" Hal kecil seperti ini dilakukan sebagai bentuk upaya mengajak anak-anak belajar kebersihan mulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Kami memberikan edukasi menjaga kebersihan kuku, dimana kuku yang kotor dan terdapat kuman pastinya tidak bagus untuk kesehatan, apalagi jika anak-anak kebanyakan masih banyak makan menggunakan tangan, jika kukunya kotor maka makanan yang di masukkan ke mulut kurang higienis dan menimbulkan penyakit," ungkapnya.

 

Sementara itu Dosen pembimbing lapangan (DPL), Hidayat, M.H Mengatakan, dirinya merasa senang sekali jika kelompok 19 ada inisiatif untuk melakukan kegiatan tersebut, meskipun terlihat sederhana, tetapi punya dampak yang besar terutama segi kesehatan dan kehigenisan. 

 

"Hal-hal yang sering kali dilupakan seperti memotong kuku. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan seperti ini juga bertujuan untuk menjauhi berbagai macam penyakit yang penyebarannya dapat dilakukan melalui kuku,"katanya.

 

Adapun mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 19 adalah Aji Liswandanu, Muhammad Ghazi Alfarisi, Ari Suhardi, Muhammad Arrazi, Okta Rahmayana, Sylda Adhitami Hasibuan,Rizka jadida, Intan ayu Utami, Sri Widya Ningsih, dan Selly Monica. (Mcl)


Berita Lainnya

Kirim Komentar