Ikuti PKL, Lima Mahasiswa Pertanian Unimal Ditempatkan di PPKS Unit Marlihat

SHARE:  

Humas Unimal
Ikuti PKL, Lima Mahasiswa Pertanian Unimal Ditempatkan di PPKS Unit Marlihat

UNIMALNEWS | Simalungun - Lima mahasiswa dari Program Studi Agroekoteknologi 2019, Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Unit Marihat Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Lima mahasiswa tersebut diantaranya Jihan Adisty Simbolon (Agronomi), Fitra Yunepi (Agronomi), Savero Ahmed Lubis (Agronomi), dan Dwi Azizi Kurnia Elmi (Agronomi) yang dibimbing oleh Dr Laila Nazirah, dan Dr Ir Rd Selvy Handayani.  Junaedi Saragih (Ilmu Tanah) dibimbing oleh Dr Ir Muliana dan Dr Ir Halim Akbar.

“Kami melaksanakan PKL di PPKS Marihat ditempatkan ke divisi agronomi, pembibitan, pohon induk, produksi, serta Kelompok Peneliti (Kelti) Petugas Benih Tanaman (PBT) dan BRD (Breeding and Research Development) selama lima minggu,” kata Jihan Adisty Simbolon.

Jihan menyebutkan, di bagian pembibitan komersial banyak kegiatan yang sudah mereka lakukan seperti pembersihan gulma, pemupukan, pemindahan dari pre-nursery ke main-nursery, serta pematokan mata empat dan mata lima. Selama proses tersebut mereka sudah mengetahui varietas benih unggul yang ada di PPKS unit Marihat.

“Selain itu, kami mengetahui bagaimana cara pengendalian hama pada tanaman sawit, dan ikut serta dalam melakukan penyemprotan hama dan gulma,” ungkapnya.[tmi].


Berita Lainnya

Kirim Komentar