Tamu Antusias Saksikan Prosesi Wisuda via Unimal TV

SHARE:  

Humas Unimal
Keluarga wisudawan Universitas Malikussaleh menyaksikan prosesi wisuda melalui layar tv plasma yang disediakan panitia di Kampus Uteunkot, Lhokseumawe, Ahad (28/8/2022). Foto: Ayi Jufridar

UNIMALNEWS | Uteunkot – Upacara wisuda mahasiswa universitas Malikussaleh Angkatan ke-29 digelar di Aula Gedung ACC Kampus Uteunkot, Lhokseumawe, 26 – 28 Agustus 2022. Kapasitas gedung yang terbatas membuat prosesi wisuda harus digelar dalam lima sesi selama tiga hari.

Sesuai dengan undangan yang diberikan kepada wisudawan, anggota keluarga wisudawan yang bisa masuk aula hanya dua orang sehingga banyak anggota keluarga yang tidak bisa masuk ke dalam. Padahal, seorang wisudawan terkadang ingin anggota keluarganya ikut menyaksikan momen bersejarah tersebut meski undangannya terbatas.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, dalam   beberapa tahun terakhir, panitia membuat live streaming dari kanal YouTube Unimal TV yang bisa disaksikan dari mana saja. Panitia juga menyediakan layar tv plasma di samping gedung ACC Kampus Uteunkot, Lhokseumawe.

“Kalau tidak kebagian kursi, bisa menyaksikan melalui gadget masing-masing,” ujar Kepala UPT Bahasa, Kehumasan, dan Penerbitan Universitas Malikussaleh ketika melihat antusiasme pengunjung menyaksikan siaran live streaming prosesi wisuda, Ahad (28/8/2022).

Selama tiga hari pelaksanaan wisuda 1.269 lulusan dalam lima sesi, anggota keluarga wisudawan memenuhi tenda yang disediakan panitia untuk menyaksikan proses tersebut. Mereka bahkan memotret layar plasma ketika ada anggota keluarga dipanggil untuk menerima ijazah.  Saking banyaknya pengunjung yang tidak kebagian kursi, mereka rela berdiri untuk bisa menyaksikan proses wisuda tersebut.

Salah seorang pengunjung yang menyaksikan wisuda di layar plasma, Nadya Husna, mengaku datang bersama keluarga untuk menyaksikan adiknya yang diwisuda. Gadis dari Nibong, Aceh Utara, tersebut bersama keluarganya berdandan seperti layaknya pengantin. “Biar cakep saat difoto bersama adik nanti,” katanya ketika ditemui di bawah tenda.

Nadya mengaku senang dengan adanya live streaming di kanal Unimal TV karena bisa menyaksikan prosesi tersebut meski tidak bisa masuk ke dalam. Namun, ia mengharapkan tv plasma harusnya ada di beberapa tempat untuk memberikan kemudahan kepada pengunjung. “Minimal ada tiga karena pengunjung sangat banyak,” saran Nadya.

Menurut Teuku Kemal Fasya, Humas Universitas Malikussaleh dalam beberapa wisuda terakhir menyediakan tv plasma di ruang gedung bagi keluarga wisudawan yang tidak bisa masuk ke dalam. “Bagi yang tidak hadir, juga bisa menyaksikan dari kanal YouTube Unimal TV. Jadi ada jejak digital setiap kegiatan penting di Unimal,” ujarnya.

Live streaming dan dokumentasi kegiatan di Unimal TV bukan saja untuk wisuda, tetapi untuk semua kegiatan penting di Universitas Malikussaleh. “Bukan hanya kegiatan di tingkat universitas, di tingkat fakultas dan program studi pun ada dokumentasi digitalnya,” pungkas Kemal Fasya. [ayi]

Baca juga: Budaya Seumapa Meriahkan Wisuda Mahasiswa Unimal   

 


Kirim Komentar