Psikologi Unimal Gelar Pelatihan Psychological First Aid

SHARE:  

Humas Unimal
Psikologi Unimal Gelar Pelatihan Psychological First Aid. Foto: ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh melaksanakan pelatihan Psychological First Aid (PFA) dengan tema “PFA Training for Psychology Student: Dukungan Psikososial dan Pertolongan Pertama Darurat Gangguan Psikologis” di Ruang Kuliah Umum Fakultas Kedokteran, kampus Uteunkot, Cunda, Lhokseumawe, Sabtu (10/09/2022). 

Pelatihan yang dipandu oleh MC Alifa Azna Alayya tersebut menyambut pemateri dari Psikolog Klinis di Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh sekaligus Ketua IPK Wilayah Aceh, Yulia Direzkia MSi Psikolog. Acara dibuka oleh Sekretaris Jurusan Psikologi, Ella Suzanna MHSc, serta dihadiri oleh dosen dan 40 mahasiswa Psikologi, mulai dari angkatan 2017 hingga angkatan 2022. 

Yulia Direzkia dalam materinya menyampaikan, mahasiswa Psikologi yang sudah mengikuti pelatihan ini akan terjun langsung nantinya ketika terjadi krisis, nah psychological first aid ini bukan hanya untuk kebencanaan namun untuk kondisi krisis juga seperti perang, bencana alam, kecelakaan, kebakaran dan kekerasan antar manusia. 

PFA merupakan bantuan untuk mencegah agar guncangan pasca peristiwa stres ekstrim tidak berkepanjangan. Analogi PFA serupa P3K atau pertolongan pertama pada kecelakaan untuk luka psikologis yang menyebabkan shock,” katanya.

Dalam pelatihan PFA ini, Sekretaris Jurusan Psikologi, Ella Suzanna berharap bahwa peserta pelatihan PFA akan menerapkan ilmunya ketika sewaktu-waktu terjadi kondisi krisis.

“Ini kesempatan yang baik untuk mahasiswa Psikologi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan melalui materi yang disampaikan oleh pemateri,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar