UKM-KSM Creative Minority Unimal Latih Petani Cara Buat Pupuk Kompos

SHARE:  

Humas Unimal
UKM-KSM Creative Minority Unimal Latih Petani Cara Buat Pupuk Kompos

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Studi Mahasiswa (UKM-KSM) Creative Minority Universitas Malikussaleh melaksanakan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) CM 8.0 di Desa Paya Punteut, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Jum'at (23/9/2022).

Kegiatan Pengmas Ini bertujuan memberikan ilmu mengenai proses pembuatan pupuk kompos yang baik untuk media tanam dengan mengusung tema "Pengembangan Pertanian Berkelanjutan Berbasis Konsep Edu Waste-Creative Preneurship".

Ketua panitia pelaksana, Attar Art  menyampaikan,  kegiatan Pengmas merupakan program besar Creative Minority pada tahun ini.

“Kami berharap kegiatan yang kami laksanakan ini bisa bermanfaat bagi keberlangsungan pertanian di Desa Paya Punteut," kata Attar Art.

Selanjutnya, penanggung jawab dari kelompok tani Desa Paya Punteut, Jala  juga ikut memberikan bimbingan dan perkenalan kepada anggota UKM-KSM Creative Minority tentang bagaimana kelompok tani di desa melaksanakan kegiatan pertanian.

"Kegiatan seperti ini memang sangat dibutuhkan oleh pihak kami untuk mengembangkan pertanian yang kami lakukan, saya harap dengan adanya adek-adek disini pertanian kami bisa jadi lebih baik kedepannya," kata Jala.

Setelah itu, proses kegiatan Pengmas mulai dilaksanakan dengan membuat pupuk bersama. Dalam pelaksanaannya Ihsan dan Amelia selaku mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian Unimal memimpin kegiatan pembuatan pupuk kompos dengan memberikan materi dan praktek langsung bersama masyarakat desa.

Kegiatan pembuatan pupuk ini berlangsung sekitar satu jam di salah satu lahan pertanian Desa Paya Punteut. Kegiatan ini dihadiri oleh 10 masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani desa dan 20 anggota UKM-KSM Creative Minority.[tmi]


Kirim Komentar