Himapfis Unimal Lakukan Aksi Bersih Pantai di Gampong Geulumpang Sulu Timu

SHARE:  

Humas Unimal
Himapfis Unimal Lakukan Aksi Bersih Pantai di Gampong Geulumpang Sulu Timu

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (Himapfis) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Malikussaleh mengadakan kegiatan aksi bersih pantai "Gerakan Rapi Bersih, Berantas Limbah Untuk Pesisir Pantai Guna Wisata dan Edukasi" di Gampong Geulumpang Sulu Timu Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Jumat (14/10/2022).

Kegiatan ini diikuti sebanyak 95 peserta yang terdiri dari mahasiswa Pendidikan Fisika, dosen Pendidikan Fisika, dan peserta tamu undangan yaitu Kapolsek Dewantara IPTU Subihan Afuan Ardhi STrK, Wakapolsek Dewantara serta jajarannya, Perwakilan dari Koramil Dewantara, Paops Radar Denarhanud-001, Letda Arh Aditiya Pamungkas ST beserta jajarannya, serta disambut baik juga oleh Geuchik  Gampong Geulumpang Sulu Timu, Wali Yunis SPd.

Kapolsek Dewantara, IPTU Subihan Afuan Ardhi mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan aksi bersih pantai yang dilakukan dalam bentuk kegiatan turun langsung ke pesisir pantai.

“Saya berharap semoga kedepannya mahasiswa mau berkolaborasi untuk melakukan kegiatan lain yang seperti dilaksanakan hari ini," katanya.

Aksi bersih pantai ini dipandu oleh pembina Himapfis,  Syafrizal MSi dan Angga Pratama dalam mengarahkan pembagian peserta aksi menjadi 3 regu untuk kemudian melakukan kegiatan pengutipan sampah  bersama - sama di sepanjang pesisir pantai.

Ketua Himapfis, Nyi Safitri menyampaiakan, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menjadikan mahasiswa pendidikan fisika berperan sebagai  social control dan menjadi icon yang bermanfaat baik bagi kampus maupun bagi masyarakat sekitar.

“Pada kegiatan aksi bersih pantai ini juga kami memberikan cinderamata kepada Gampong Geulumpang Sulu Timur yang diterima langsung oleh geuchik berupa tiga buah tempat sampah, dan  sebuah papan informasi edukasi mengenai jangka waktu sampah dapat terurai,” ungkapnya.

Geuchik Gampong Geulumpang Sulu Timu, Wali Yunis mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa atas cinderamata yang diberikan,  dan berharap semoga kolaborasi ini tidak berhenti disini saja yang artinya dapat berkelanjutan yang nantinya dapat mengedukasi masyarakat sekitar khususnya anak-anak di sekitar pantai.

“Masyarakat sangat terbuka bagi dosen-dosen dari Unimal jika ingin melakukan pengabdian dan penelitian di Gampong Geulumpang Sulu Timu, terutama terkait pengolahan garam dan budidaya udang. Sehingga Gampong Geulumpang Sulu sebagai daerah wisata yang memiliki kearifan lokal dapat terwujud,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar