Dosen Teknik Unimal Bimbing Warga Membuat Peta Desa Berbasis Data Geospasial

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Teknik Unimal Bimbing Warga Membuat Peta Desa Berbasis Data Geospasial

 

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Selain memberi pelatihan pembuatan Teknologi Rumah Unggul Sistem Panel Instan (RUSPIN), Dosen Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh juga melakukan pelatihan pembuatan peta wilayah gampong berbasis data geospasial dengan perangkat lunak Autocad di Desa Lancang Garam, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Rabu (19/10/2022).

Kegiatan tersebut bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat Desa Binaan Universitas Malikussaleh.

Ketua Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat, Ar. Effan Fahrizal MT mengatakan, kegiatan ini dilakukan demi menyelaraskan kemajuan teknologi dengan tingkat SDM (Sumber Daya Manusia) khususnya terhadap masyarakat dan perangkat desa di Desa Lancang Garam.

“Diharapkan setelah dilakukannya kegiatan ini masyarakat dan perangkat desa mendapatkan wawasan baru mengenai software Autocad dan mampu mengaplikasikannya untuk memudahkan berbagai pekerjaan, seperti pembuatan peta wilayah,” katanya.

Effan menyebutkan, kemajuan teknologi saat ini harus mampu di imbangi dengan kualitas SDM yang dimiliki, salah satu caranya adalah dengan kegiatan seperti ini.

“Pengenalan software Autocad ini kami harapkan dapat memberikan manfaat untuk kedepannya karena saat ini Penggunaan software Autocad sudah sangat masif, tidak hanya di bidang arsitektur saja, namun bidang-bidang lain juga menggunakannya karena memang membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif,” ungkapnya.

Sementara, Geuchik Lancang Garam, Ir Abdullah Rohman  menyampaikan, pengenalan sistem komputerisasi untuk membantu pekerjaan seperti Autocad ini memang harus segera disosialisasikan karena sangat bermanfaat untuk peningkatan kualitas SDM.

“Saya berharap setelah diberikannya pelatihan pembuatan peta dengan software Autocad di desa lancang garam, masyarakat dan perangkat desa mampu mempraktikkan dengan segera,” pungkasnya.

Dosen yang terlibat dalam Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tersebut terdiri dari Ar. Effan Fahrizal MT (Arsitektur), Dela Andriani MT (Arsitektur), Soraya Masthura Hassan MSc (Arsitektur), Dafa M Nur (Arsitektur), dan Andrit Yamesa (Arsitektur). [tmi]


Kirim Komentar