Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Beri Pelatihan Jurnalistik untuk Operator dan Perangkat Desa

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Program Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menggelar pelatihan jurnalistik  untuk operator dan perangkat Gampong Cot Seurani, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Ahad (30/10/2022). Foto: ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Dosen Program Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh (Unimal) menggelar pelatihan jurnalistik  untuk operator dan perangkat Gampong Cot Seurani, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Ahad (30/10/2022).

Pelatihan ini merupakan kegiatan Pengabdian dan pemberdayaan Masyarakat melalui pelatihan Jurnalistik Operator Sistem Informasi Desa Mengelola Website Gampong Cot Seurani.

Ketua Tim Pengabdian, Deddy Satria M.Si, mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk melatih para operator dan perangkat desa untuk mengisi konten berita seputaran Gampong Cot Seurani.

Kegiatan itu menghadirkan pemateri  yang ahli di bagian jurnalistik yaitu Masriadi Sambo yang merupakan Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh dan juga wartawan di Kompas.com serta mantan ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe.

Deddy menyampaikan agar peserta bisa memanfaatkan momen pelatihan ini dengan baik. karena pemateri yang hadir merupakan ahli di dunia jurnalistik.

“Kegiatan seperti ini harus berkelanjutan, dan nantinya setiap operator, perangkat desa dan masyarakat bisa ikut serta dalam pelatihan ini. Karena untuk menulis berita tidak seperti membaca berita, perlu skill untuk mengatur tulisan agar mudah dipahami oleh pembaca,” ungkapnya.

Dalam pemaparannya, Masriadi antara lain menjelaskan pentingnya membuat website desa di era digital. kebutuhan portal gampong tersebut bukan hanya untuk bukti akuntabilitas dan keterbukaan, tetapi juga berguna untuk mengoptimalkan potensi desa seperti dalam bidang wisata.

Selain memaparkan tentang manfaat membuat portal, Masriadi juga menjelaskan secara detail tata cara pembuatan portal serta konten yang dibutuhkan.

“Dan yang juga tak kalah penting, isi website gampong harus diperharui setiap hari. Jangan sampai konten minggu ini, sama seperti minggu sebelumnya. Harus ada update setiap hari,” pesan Masriadi. [ayi]

Baca juga: Dosen FEB Unimal Latih Warga Membuat Abon Ayam


Kirim Komentar