Mahasiswa KKN Tematik K17 Unimal Aktif di Kegiatan Posbindu

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKNT Universitas Malikussaleh terlibat aktif dalam kegiatan Posbindu Gampong Pulo Rungkom, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Rabu (19/10/2022). Foto: Is

UNIMALNEWS I Lhoksukon- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, Universitas Malikussaleh kelompok 17 berbaur bersama masyarakat Gampong Pulo Rungkom, Kecamatan Dewantara,Aceh Utara  membantu menyukseskan pelaksanaan kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Rabu, (19/10/2022).

Bidan Gampong Pulo Rungkom, Yanti mengatakan di samping mendata masyarakat lanjut usia, Posbindu juga dilaksanakan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Posbindu menyediakan fasilitas pemeriksaan kesehartan, berupa  cek kolestrol, cek gula darah, cek ukuran lingkar perut, cek berat badan, cek tekanan darah,  dan sebagainya. Posbindu biasanya dilakukan sekali dalam sebulan.“Selain itu, kedepan juga akan dilaksanakan Posyandu,”ujarnya.

Ketua KKN Tematik K17, M Akbar Al Ariq P, menyampaikan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan Posbindu merupakan realisasi bentuk program kerja yang sudah ditetapkan di panduan KKN Tematik. Kegiatan tersebut termasuk dalam ruang lingkup peningkatan kesehatan masyarakat Gampong Pulo Rungkom. “Tentu akan banyak program kerja yang kami rancang selama empat bulan ke depan, yang realisasinya akan dilakukan secara bertahap,”ujarnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Sufi SSos, MAP menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN di Gampong Pulo Rungkom sangat variatif. Salah satunya adalah adanya partisipasi mahasiswa dalam kegiatan Posbindu. “ Mahasiswa harus bisa menerapkan 3S (Salam, Senyum, Sapa) ketika mereka berada dan beradaptasi dengan masyarakat gampong,”pungkasnya. [ded]


Berita Lainnya

Kirim Komentar