Dosen Unimal Beri Pendampingan Pelatihan Pengelolaan Keuangan bagi Usaha Mikro di Padang Sakti

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Beri Pendampingan Pelatihan Pengelolaan Keuangan bagi Usaha Mikro di Padang Sakti

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Dosen Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dengan tema “Pelatihan Pengelolaan Keuangan bagi  Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Gampong Padang Sakti, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Selasa (8/11/2022).

Kegiatan PKM yang diketuai oleh Dr M. Haykal MSi dengan anggota Deassy Siska MSc dan Dr M. Nazaruddin MP. Ketiga Dosen tersebut berasal dari  bidang ilmu yang berbeda, ilmu Akuntansi, Fisika dan Agroekoteknologi.  Sasaran pengabdian ini dilakukan untuk memberikan semangat motivasi usaha dan memperkenalkan pencatatan transaksi secara sederhana dalam aktivitas bisnis.

Ketua tim pengabdian, Dr M. Haykal menyampaikan, ada beberapa hal yang harus segera ditangani, diarahkan serta dikelola dengan baik terhadap Pelaku Usaha Mikro dan kecil  di Desa Padang Sakti antara lain perlunya  visi dan arah strategi bisnis yang jelas agar bisa bertahan dan bersaing dalam usaha.  Para pelaku Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (EMKM) harus mengikuti perkembangan usaha sesuai dengan perilaku konsumen yang ada disekitar Gampong Padang  Sakti dan yang paling penting melakukan pencatatan/pembukuan untuk melihat kinerja usaha para pelaku EMKM di Padang Sakti.

‘’Dalam survei awal terhadap 50 EMKM yang berada di sekitar kampus Bukit Indah, ditemukan hampir 90 persen pelaku usaha tidak memiliki sistem pencatatan yang baik,  yang kami tahu belum ada pembukuan, kalaupun ada, sangat sederhana untuk  setiap transaksi keuangan sehari-hari para pelaku usaha ini, sehingga diperlukan arahan, bimbingan dan pendampingan  manajemen  usaha yang mungkin dapat dilakukan oleh civitas akademika Unimal, supaya  pengelolaan usaha dan  keuangan dapat lebih efisien dan efektif,’’ kata Dr. M. Haykal.  

Dr. M. Nazaruddin menyebutkan, tujuan pengabdian tersebut dilaksanakan untuk membenahi manajemen keuangan dan  pencatatan keuangan dengan mengadakan pelatihan pembukuan sederhana serta pendampingan. Hal tersebut diharapkan mampu memberi dampak signifikan bagi Mitra.

‘’Kegiatan pengabdian ini dilakukan supaya Para Pelaku Usaha dapat menyusun laporan keuangan sederhana. Sehingga untuk ke depan dapat dipakai untuk pengajuan kredit, meningkatkan omset penjualan serta daya saing antar para pelaku usaha,’’ tutur Dr M. Nazaruddin.

Terakhir, ia memaparkan hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat sesuai tujuan awal akan dapat dilanjutkan dengan melakukan pendampingan kepada para pelaku usaha EMKM Padang Sakti. 

Deassy menambahkan, kegiatan ini bertujuan agar pembinaaan terhadap desa lingkungan dapat terus berlanjut terutama dengan melibatkan para mahasiswa sesuai dengan bidang ilmu mereka masing-masing.  

‘’Para mahasiswa akan terus dilibatkan dalam berbagai kegiatan pengabdian sebagai bentuk implementasi kurikulum case metode upaya meningkatkan kompetensi,’’ tutup Deassy Siska.

Dalam kegiatan ini juga dibantu oleh tiga orang  mahasiswa Jubaidah, Taufiq Hidayat dan Atika Salsaabila sebagai mahasiswa dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh.[tmi]


Kirim Komentar