Ketika Anak-Anak Belajar Menyatu dengan Alam Bersama Mahasiswa KKN 110

SHARE:  

Humas Unimal
Ketika Anak-Anak Belajar Menyatu dengan Alam Bersama Mahasiswa KKN 110

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 110 Universitas Malikussaleh mengajak anak anak mulai dari Usia dini hingga siswa SMA untuk belajar sekaligus "Menyelam( Menyatu dengan alam)" dengan menggunakan metode Jungle Education, berlokasi di Gampong Teupin Beulangan, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (8/11/2022).

Khoirul Rijal selaku pencetus ide mengenai jungle education dari salah satu anggota kelompok KKN menuturkan bahwasannya dengan metode ini dapat mendorong pembelajaran serta pertumbuhan melalui permainan di lingkungan yang dicanangkan agar anak-anak dapat membangun koordinasi, mengembangkan imajinasi, memperkuat otot, dan bersenang-senang.

Kegiatan ini dilakukan pada jam 14:45 Wib hingga 17.00 Wib, dimulai dengan melakukan pembelajaran didalam ruangan meunasah seperti mengenalkan alfabet bagi anak-anak hingga  mengerjakan PR (pekerjaan rumah) dengan bimbingan kelompok KKN 110.Anak anak yang berhadir dan ikut berpartisipasi berkisar 30 anak, setelah sesi pembelajaran berakhir seluruh anak- anak ikut shalat ashar bersama.

Kemudian untuk menghindari suasana bosan, mereka diarahkan mengikuti kegiatan juggle education diluar ruangan untuk mendapatkan edukasi meskipun di luar ruangan yaitu "Menyelam (Menyatu dengan alam) ".

Sebagaimana Nelson Mandela menyatakan bahwa pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa digunakan untuk mengubah dunia. Antusias yang terlihat jelas dari perilaku serta interaksi yang ada membuat kami bersemangat melaksanakan kegiatan tersebut.

" Besok ada jadwal belajar lagi gak kak?, " tutur Fina.

Lingkungan gampong yang luas di mana setiap anak dapat belajar dan tumbuh. Kami berkomitmen untuk memberikan cinta, keamanan, dan kualitas pendidikan yang tidak ada duanya untuk semua anak.

"Kami percaya bahwa anak-anak harus ditantang untuk tumbuh dengan kecepatan mereka sendiri dan belajar dengan cara yang membantu mereka menjadi percaya diri, dan bahagia sebagai pembelajaran dan sebagai bagian integral dari masyarakat kita," tutur Muhammad  Daniel selaku ketua kelompok 110.

Dengan tujuan adalah memberikan kesempatan dan sumber daya untuk membantu anak anak eksplorasi lingkungan. Selalu ada makhluk baru yang ditemukan dan diamati di habitat aslinya.

Kelompok 110 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh ini beranggotakan 15 mahasiswa yang diketuai oleh Muhammad Daniel, dan 14 anggota lainnya yaitu Yoga, Ihsan, Rijal, Darkasyi, Masyitah, Shefira, Annida, Hanidar, Maisarah, Lisa, Indri, Serlina, Ulfa dan Adilla yang dibimbing langsung oleh Dr Darmawati MM.[tmi]


Kirim Komentar