Kelompok 126 Ikut Berperan Dalam Musrembangdes Tanjong Hagu

SHARE:  

Humas Unimal
Kelompok 126 Ikut Berperan Dalam Musrembangdes Tanjong Hagu

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM Universitas Malikussaleh kelompok 126 ikut berpartisipasi dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrembangdes) tahun 2023 di Gampong Tanjong Hagu Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara, Jumat (11/11/2022).

Dalam Acara Musrembangdes dihadiri oleh PJ Camat Samudera Muhammad, anggota Danramil, anggota Polsek Samudera, dan perangkat Gampong Tanjong Hagu.

Ketua KKN, Ari Irawan mengatakan, kegiatan ini juga sebagai bentuk silaturahmi mahasiswa dengan masyarakat juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menyampaikan atau berbagi masukan untuk pembangunan desa.

Dalam kesempatan itu, PJ Camat Samudra, Muhammad menyampaikan beberapa poin penting mengenai perubahan penerima bantuan BLT( Bantuan Langsung Tunai) dimana pada tahun 2022 BLT tersebut disalurkan sebagai bentuk santunan Covid-19, namun pada tahun 2023 BLT tersebut diubah menjadi “BLT miskin ekstrim”.

Ia menjelaskan, syarat penerimaan bantuan tersebut dikategorikan dalam empat golongan yang pertama masyarakat yang bertempat tinggal dan berdomisili di Gampong Tanjong Hagu, yang kedua, masyarakat yang berpenghasilan 12.000/ hari nya atau 360.000/bulan. yang ketiga masyarakat yang memiliki kartu keluarga tunggal baik itu yang berstatus janda atau duda, yang terakhir masyarakat yang memiliki anggota keluarga penyandang disabilitas atau penyakit kronis yang membutuhkan penanganan ekstra.

“Jika dibandingkan pada tahun 2022 penerima BLT mengalami perubahan, penerima bantuan yang turun hingga 50%. Banyak masyarakat yang pada awalnya menerima bantuan harus menerima kenyataan namanya dihapus dari daftar penerima bantuan,” katanya.

Anggota Danramil Samudera, Alfian menambahkan bahwa mereka selalu mendukung dan mengawasi segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan oleh perangkat desa dalam hal membangun desa menjadi lebih baik dan maju.

“Mahasiswa KKN untuk tidak perlu khawatir tetapi harus tetap menjaga diri, kami siap dipanggil kapan saja jika dibutuhkan,” tuturnya.

Anggota Polsek Samudera, T.Munawir memaparkan beberapa materi tentang bahaya narkoba yang sedang banyak terjadi pada remaja di masyarakat, terlebih di kecamatan Samudera, beliau juga menyampaikan kepada mahasiswa KKN untuk menjauhi narkoba, karena narkoba dapat menghancurkan masa depan bangsa.[tmi]


Kirim Komentar