Cegah Banjir, Mahasiswa KKN PPM Kelompok 74 Bersihkan Selokan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 74 membersihkan saluran air di Gampong Dayah Tuha, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, belum lama ini. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dituntut kreatif dalam menyusun program kerja yang sesuai dengan tema dan memberikan dampak jangka panjang yang positif bagi masyarakat.

Hal ini dicontohkan mahasiswa KKN Kelompok 74 Universitas Malikussaleh yang melakukan pengabdian di Gampong Dayah Tuha, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara. Di tengah curah hujan tinggi dan bencana banjir yang melanda sejumlah daerah, mahasiswa Kelompok 74 membersihkan saluran bersama warga Desa Dayah Tuha, Syamtalira Bayu, Aceh Utara.

Ketua Kelompok 74, Frengki Putra Ramansyah, mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi timbulnya banjir dan meminimalisir datangnya penyakit seperti demam berdarah dengeu (DBD). Saluran pembuangan air yang tersumbat akan membuat air tergenang sehingga menjadi rawan bakteri, kuman, dan kotoran.

“Selain itu, saluran air tersumbat juga dapat menyebabkan bau tak sedap sehingga mengganggu kenyamanan masyarakat gampong,” ujar Frengki, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dosen pembimbing lapangan (DPL) Kelompok 74, Arief  Rahman M.Pd mengharapkan mahasiswa untuk lebih peka terhadap lingkungan masyarakat dan bisa membantu masalah masyarakat seperti memperbaiki saluran air ini.

“Program ini sangat efisien dan efektif dan memberikan dampak jelas bagi masyarakat terutama di musim penghujan akhir tahun ini,” ujar Arief.

Kepala Desa Dayah Tuha, Usmani, mendukung penuh kegiatan mahasiswa dalam membersihkan selokan. Dengan adanya kegiatan ini, ia mengharapkan tidak adanya masalah saluran air dan masyarakat gampong juga harus lebih menjaga kebersihan saluran air di sekitar rumahnya.

Mahasiswa Kelompok 74 berjumpah 15 orang yang terdiri dari Tarisa Rama Utari dan Safia Salsabilla dari Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Frengki Putra Ramansyah dan Sinta Fahira dari Manajemen, Rika Padang dari Administrasi Publik, dan Cut Aldini dari Ilmu Komunikasi.

Kemudian, Aramico dan Anita dari Sosiologi, Lisana Shiddiqi dari Psikolog, Zurami dari Teknik Elektro, Muhammad Ikbal dari Teknik Industri, Tassa Aurora dari Teknik Kimia, dan Indrawan Tambun dari Teknik Mesin.[ayi]

 


Kirim Komentar