Melalui Program Pemberdayaan, Kelompok KKN 89 Latih Masyarakat Buat Tempe

SHARE:  

Humas Unimal
Melalui Program Pemberdayaan, Kelompok KKN 89 Latih Masyarakat Buat Tempe

UNIMALNEWS | Lhoksukon- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 89 Universitas Malikussaleh laksanakan program pemberdayaan masyarakat melalui  pelatihan pembuatan Tempe yang bertempat di Meunasah Gampong Pulo Blang Trieng, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara, Selasa (15/11/2022).

Pelatihan pembuatan tempe dihadiri langsung oleh  Geuchik, sekretaris gampong , Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN, remaja putri, serta para ibu- ibu, dan anak-anak.

Ketua KKN 89, Deri Sahputra mengatakan, bahan utama pembuatan tempe yaitu berupa kacang kedelai yang difermentasi menggunakan ragi tempe. Proses fermentasi yang dilakukan bertujuan untuk menumbuhkan jamur jenis Rhizopus oligosporus dan waktu fermentasi diperam selama 2 hingga 3 hari agar kapang dari jamur tumbuh sempurna.

"Semoga pelatihan tempe ini membuat perubahan kepada warga Pulo Blang Trieng agar menjadi mandiri ataupun bisa menjadikan usaha tempe kedepannya. Karena setelah masa pandemik tahun lalu membawa ekonomi warga sangat lah sulit,” katanya.

Deri berharap, dengan adanya pelatihan ini warga bisa lebih inovatif mengolah tempe untuk usaha dan menjadikan nya UMK yang terampil.

“Selain usaha saya juga berharap warga bisa paham bahwasannya tempe banyak sekali manfaatnya, salah satunya gizi dan protein yang sangat besar dalam tempe, hal itu perlu untuk sebagai salah satu pencegahan stunting di gampong ini," ujarnya.

Fadil selaku Geuchik Gampong Pulo Blang Trieng menyampaikan terimakasih kepada mahasiswa KKN yang telah mengajarkan warga gampong membuat tempe.

“Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan pembuatan tempe ini warga bisa menjadi pengusaha sukses, dan semoga ilmu, pengalaman, yang disalurkan oleh adik- adik KKN menjadi bekal yang positif, berguna, serta membuka pola pikir serta wawasan untuk lebih dekat dengan peluang usaha,"ungkapnya.

Emmia Tambarta Kembaren MSi selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok 89 menyebutkan, pembuatan tempe ini diharapkan dapat menjadi bekal masyarakat untuk menghindari kondisi kurang gizi pada anak (stunting) serta dapat menghidupkan ekonomi kreatif sebagai bekal di kemudian hari.

Kelompok 89 KKN Universitas Malikussaleh yang ditempatkan di Gampong Pulo Blang Trieng, Syamtalira Bayu terdiri dari 15 mahasiswa yang berasal dari berbagai Prodi yaitu Rizky Ramadhan Aulia Rambe Prodi Hukum, Husnul Hamidah Prodi Akuntansi, Nurul Anisa Putri Prodi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, M. Zikra Maulana Prodi Manajemen, Yeni Nova Febrian Prodi Manajemen, Reza Miraida Adm. Publik, Hayatul Aina ProdiSosiologi, Sonia Agustina ProdiPsikologi, Ayu Anggraini Harianja Prodi Agroteknologi, Rizky Maulana Prodi Sistem Informasi, Taufiq Ismail Prodi Teknik Arsitektur, Hotland Simanjuntak Prodi Teknik Industri, Nawardah Hanie Prodi Teknik Kimia, Deri Sahputra Prodi Teknik Sipil, Dewi Sartika Prodi Ilmu Komunikasi.[tmi]


Kirim Komentar