Peringati Hari Guru, Mahasiswa Kelompok 111 Gelar Lomba untuk Generasi Qurani

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 111 menggelar aneka lomba bidang keagamaan bagi anak-anak di Desa Kuta Glumpang Kecamatan Samudera, Aceh Utara. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Aceh Utara, dituntut kreatif dalam melaksanakan berbagai program kerja yang sesuai dengan tema serta sejalan dengan kondisi masyarakat setempat yang islami. Bagi mahasiswa kelompok 111 di Desa Kuta Glumpang Kecamatan Samudera, tuntutan itu diwujudkan dalam kegiatan perlombaan yang mendorong anak-anak tumbuh menjadi generasi muda Qurani.

Ketua panitia lomba, Syahri Romadhoni, perlombaan itu digelar dengan tema “Menanamkan Sikap Cinta Al-Quran di Zaman Milineal”. Tujuan dilakukannya perlombaan untuk meningkatkan literasi baca anak-anak, terutama dalam membaca Al-Quran.

“Kami berharap lomba ini bisa membuat anak-anak lebih mengenal dan mencintai Al-Quran di zaman digital seperti sekarang. Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati Hari Guru Nasional, tanggal 25 November 2022 lalu,” ungkap Syahri, beberapa waktu lalu.

Syahri Romadhoni merincikan, perlombaan digelar untuk cabang lomba hafizah Quran tingkat SD, membaca surat ayat pendek tingkat Paud/TK, dan perlombaan azan tingkat SD.

Perlombaan digelar pukul 20.30 23.00 WIB dengan peserta berjumlah 45 anak  yang berlangsung selama 4 malam.

Pembawa acara lomba, Ahmad Alwi Hasibuan, mengatakan pihaknya melibatkan teungku imum gampong sebagai juri. Pelibatan tokoh desa dalam kegiatan mahasiswa KKN, mendapatkan acungan jempol dari dosen pembimbing lapangan Kelompok 111, Jufridar, MSM.

Menurut dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut, mahasiswa harus melibatkan tokoh dan warga desa agar terbangun kebersamaan, adanya rasa memiliki, serta bertanggung jawab terhadap keberhasilan program.

“Mahasiswa harus mampu membangun sinergitas dengan masyarakat setempat. Untuk program kerja yang meninggalkan bukti fisik, dibutuhkan peran warga untuk merawatnya,” ujar Jufridar.

Pembagian hadiah bagi pemenang dilaksanakan pada malam puncak. Hadiah berupa piala, sertifikat, bingkisan, dan uang tunai untuk masing-masing pemenang perlombaan.

“Peserta yang tidak memenangkan perlombaan juga mendapatkan sertifikat dan bingkisan. Ini sebagai bentuk penghargaan kepada semangat berkompetisi di kalangan anak-anak,” kata Ketua Kelompok 111, Mhd. Rafli Ramadhan Sinaga.

Perlombaan di bidang agama yang digelar kelompok 111 mendapatkan tanggapan positif, baik dari warga maupun aparat desa. Saat memberikan sambutan di malam puncak, Keuchik Saimi Ilyas mengucapkan ribuan kata terimakasih kepada seluruh anggota kelompok 111. “Perlombaan ini sangat bermanfaat, mengedukasi, dan sangat meriah di Gampong Kuta Glumpang,” katanya.

Anggota Kelompok 111, Siti Nur, mengharapkan perlombaan tersebut dapat menggali potensi anak-anak, memotivasi anak-anak, menumbuhkan rasa semangat dan juga menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri anak-anak Gampong Kuta Glumpang.

Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 111 adalah  Mhd. Rafli Ramadhan Sinaga sebagai ketua kelompok, dan anggota  yaitu Nuraini, Lia Maulida, Ika Nurdiah, Siti Nur, Sindi Rahayu, Ernida Yanti, Dina Septia, Umi Kalsum Br Pelawi, Mayang, Iwan Dermawan, dan Yohana S Manurung.

Berikutnya Nurul Pahimah, Rifka, Nurhayati, Syahri Romadhoni, Safuna Arnita, Ahmad Alwi Hasibuan, Ridwan Adha, Rika Hijrah, Dera Ilhamda, Muhammad Raja, Adelia Lusiana, Bilqis, dan Sonia Santa Mahdalena.

Para mahasiswa berasal dari Jurusan Akuntansi, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Sosiologi, Psikologi, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi, Sistem Informasi, dan Agroekoteknologi. [kur]


Berita Lainnya

Kirim Komentar