Kerja Sama dengan Korem Lilawangsa, Dosen Kedokteran Unimal Lakukan Pengobatan Massal

SHARE:  

Humas Unimal
Bekerja Sama dengan Korem Lilawangsa, Dosen Kedokteran Unimal Lakukan Baksos

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Sejumlah dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh yang bekerja sama dengan Korem Lilawangsa melakukan Bakti Sosial (Baksos) pengobatan massal, pemeriksaan dan sosialisasi Stunting di Gampong Tanjong Krueng Pase, Kecamatan Syamtalira Aron, Aceh Utara, Minggu (4/12/2022).

Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam Iskandar Muda (IM) yang ke-66 tahun di wilayah Korem 011/lilawangsa.

dr Teuku Ilhami Surya Akbar MBiomed mengatakan, dalam rangka memperingati HUT tersebut, Korem mengadakan kegiatan kemanusiaan yaitu Pengobatan massal, penyuluhan stunting, dan deteksi stunting.

"Kegiatan ini sendiri menargetkan 250 peserta pengobatan dan 30 anak yang melakukan screening stunting," katanya.

Ilhami menyebutkan, Kegiatan menyambut milad ini, Korem Lilawangsa menggandeng Unimal khususnya Fakultas Kedokteran untuk dapat ikut serta sesuai dengan prinsip dasar tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian.

"Ada tiga dosen dan empat alumni dari Fakultas Kedokteran Unimal yang dikirim untuk mengikuti kegiatan tersebut," ungkapnya.

Ilhami menambahkan, dari kegiatan ini sendiri ditemukan ada tiga penyakit yang menjadi keluhan paling banyak yaitu ISPA, gatal-gatal, dan Gastritis. Untuk stunting dari 22 orang peserta yang ikut ada 8 orang yg di identifikasi.

"Kegiatan ini akan sangat bermanfaat bagi Puskesmas guna pendataan dan intervensi lebih lanjut terkait stunting yang ditemukan karena ini menjadi program utama Kementerian Kesehatan saat ini," pungkasnya.

Dosen dari Unimal yang terlibat dalam pengobatan dan penyuluhan tersebut ialah, dr Maulana di bagian penyuluhan, dr Teuku Ilhami Surya Akbar dan dr Hendra dibagian stunting, 4 alumni di bagian pengobatan massal. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Bayu Permana dan juga jajarannya.[tmi]


Kirim Komentar