Mahasiswa Kelompok 111 KKN Berikan Kegiatan Belajar Tambahan Bagi Anak-Anak

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 111 memberikan les privat gratis bagi anak-anak di Desa Kuta Glumpang Kecamatan Samudera, Aceh Utara, akhir November 2022 lalu. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon – sebagai bentuk pengabdian kepadxa masyarakat, mahasiswa Kelompok 111 Universitas Malikussaleh yang melaksanakan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di Gampong Kuta Glumpang Kecamatan Samudera, Aceh Utara, memberikan pelajaran tambahan kepada anak-anak setempat.

Les atau pembelajaran tambahan bagi anak-anak menjadi salah satu program rutin Kelompok 111. Sebelumnya, mereka sudah menggelar beberapa kegiatan, seperti membersihkan meunasah dan mengajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kegiatan memberikan les kepada anak-anak di meunasah sangat didukung warga. Seorang warga Kuta Glumpang menyebutkan, dengan adanya kegiatan mengajar ini membantu anak-anak menyelesaikan pekerjaan rumah dan mendukung untuk lebih aktif dalam belajar di sekolah. “Apalagi untuk menghadapi ujian ke depan,” ungkap warga tersebut, akhir November 2022 lalu.

Anggota Kelompok 111, Sindi Rahayu, menyebutkan kegiatan mahasiswa mengajar berlangsung setiap hari selama tiga pekan. “Dengan adanya respons positif dari masyarakat dan juga antusias dari anak-anak yang berhadir untuk belajar, membuat kami semakin bersemangat dalam melakukan kegiatan positif  lainnya di Gampong Kuta Glumpang,” ungkap Sindi.

Ia menambahkan, anak-anak yang menghadiri kegiatan ngajar mengajar di Gampong Kuta Glumpang kurang lebih mencapai 27 anak-anak, yang berasal dari PAUD, SD, dan SMP dan juga orang tua anak-anak yang ikut melihat pengajaran yang diberikan mahasiswa Kelompok 111.

Dosen pembimbing lapangan, Jufridar, MSM, mengatakan kegiatan mahasiswa mengajar sejalan kegiatan kegiatan di sekolah yang menghadapi ujian pada awal Desember. “Semoga kegiatan belajar mengajar tersebut memberikan hasil maksimal bagi anak-anak dalam menghadapi ujian,” ujar dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut.

Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 111 adalah  Mhd. Rafli Ramadhan Sinaga sebagai ketua kelompok, dan anggota  yaitu Nuraini, Lia Maulida, Ika Nurdiah, Siti Nur, Sindi Rahayu, Ernida Yanti, Dina Septia, Umi Kalsum Br Pelawi, Mayang, Iwan Dermawan, dan Yohana S Manurung.

Berikutnya Nurul Pahimah, Rifka, Nurhayati, Syahri Romadhoni, Safuna Arnita, Ahmad Alwi Hasibuan, Ridwan Adha, Rika Hijrah, Dera Ilhamda, Muhammad Raja, Adelia Lusiana, Bilqis, dan Sonia Santa Mahdalena.

Para mahasiswa berasal dari Jurusan Akuntansi, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Sosiologi, Psikologi, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi, Sistem Informasi, dan Agroekoteknologi. [kur]

Baca juga: Peninggalan Kelompok 111 untuk Penanda Wilayah di Kuta Glumpang


Berita Lainnya

Kirim Komentar