Prodi Antropologi Unimal Gelar Webinar Pembuatan Film Menggunakan Smartphone

SHARE:  

Humas Unimal
Prodi Antropologi Unimal Gelar Webinar Antropologi Visual. Jumát (8/12/2022).

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Program Studi Antropologi Jurusan Antropologi dan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh menggelar kegiatan webinar antropologi visual dengan judul “Pembuatan Film Menggunakan Smartphone”. Jumát (8/12/2022).

Kegiatan Webinar tersebut diisi oleh Bapak Budi Striawa, ahli dalam bidang antropologi visual, saat ini aktif dalam lembaga Sinau Gawai Video Yogyakarta. Dalam paparan materinya, Beliau menjelaskan tentang cara pembuatan film dengan bermodalkan gadget smartphone yang kita miliki, kemudian menjabarkan tentang teknik shooting hingga APK apa saja yang dibutuhkan untuk proses editing hingga menjadi Final Product.

Ketua Program Studi Antropologi Unimal, Ade Ikhsan Kamil, MA mengatakan, Kegiatan tersebut diprakarsai dalam rangka mendukung pemenuhan kompetensi profil lulusan pamong budaya. Dengan membekali siswa untuk memiliki pengetahuan mendalam tentang tema visual dan antropologi media untuk mempersiapkan mereka menjadi pemimpin masa depan di bidang media digital, kecerdasan buatan, industri film, dan organisasi pemerintah dan nonpemerintah.

“Profil lulusan pamong budaya Prodi Antropologi haruslah menguasai keterampilan dalam pembuatan berbagai konten kebudayaan melalui berbagai media baik tulisan maupun visual. Sehingga diharapkan mahasiswa mampu mengikuti kegiatan tersebut dan mendapatkan keterampilan yang akan digunakan saat menjadi lulusan nantinya’’ ungkapnya.

Sementara itu salah satu peserta webinar Yulia Triani mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami yg sedang menekuni dan belajar terkait dengan bagaimana dapat memproduksi konten media berbasis budaya. “Kegiatan ini mengajarkan kualifikasi luas di bidang antropologi visual serta pengetahuan dan keterampilan profesional praktis dalam antropologi digital. Ini berkaitan dengan bentuk representasi budaya digital dan mengajarkan film praktis, fotografi dan karya pameran dalam konteks antar budaya’’ pungkasnya.

Kegiatan webinar direncanakan berlangsung selama tiga pertemuan setiap hari Kamis, yang turut dihadiri oleh para dosen dan mahasiswa Prodi Antropologi [rky]. 


Berita Lainnya

Kirim Komentar