Mahasiswa Kelompok 111 Membuat Peta Gampong dan Aktif dalam Musrembang

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 111 membuat peta Gampong Kuta Glumpang Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Rabu (30/11/2022). Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Di akhir kegiatan kuliah kerja nyata (KKN), mahasiswa meninggalkan “warisan” berguna bagi masyarakat Desa Kuta Glumpang, Kecamatan Samudera, Aceh Utara. Setelah melakukan gerakan penghijauan dengan menanam pohon, mahasiswa juga membuat peta desa yang bermanfaat bagi tata wilayah desa yang terintegrasi dengan wilayah sekitarnya.

Penanggung jawab program kerja pemetaraan desa, Dera Ilhamda dari Program Studi Arsitektur, menyebutkan pembuatan peta tersebut bertujuan untuk menjadi salah satu peninggalan atau kenang-kenangan untuk Gampong Kuta Glumpang dari Kelompok 111.

“Pembuatan mapping ini dikerjakan selama seminggu dengan pembuatan tata letak di Gampong Kuta Glumpang. Harapannya semoga mapping yang diberikan ini dapat berguna bagi masyarakat serta dapat dijaga dengan baik,” ujar Dera Ilhamda, Rabu (30/11/2022).

Dosen pembimbing lapangan Kelompok 111, Jufridar MSM, mengatakan peta desa yang dibuat mahasiswa bisa menjadi dasar pemetaan wilayah bagi masyarakat.

Sebelumnya, mahasiswa Kelompok 111 juga aktif dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) di Gampong Kuta Glumpang, Kecamatan Samudera, Aceh Utara.

Ketua Kelompok 111, Mhd. Rafli Ramadhan Sinaga mengatakan mereka ikut terlibat dalam pelaksanaan kegiatan musrembang di di meunasah Kuta Glumpang. Kegiatan musyawarah itu dihadiri oleh pihak puskesmas, aparat TNI, polisi, dan pihak Kecamatan Samudera dengan tujuan penyampaiaan edukasi narkoba, penurunan angka stunting, program peningkatan ekonomi masyarakat melalui desa wisata syariah, perencanaan pembangunan desa, dan wawasan bernegara.

Keuchik Kuta Glumpang, Saimi, mengatakan dengan adanya pembangunan wisata diharapkan dapat membangun perekomonian masyarakat. Ia juga meminta kepada mahasiswa ikut membantu dalam melaksakan pembangunan desa.

Kelompok 111 beranggotakan 25 mahasiswa yang terdiri dari Jurusan Akuntansi, Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Sosiologi, Psikologi, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi, Sistem Informasi, dan Agroekoteknologi.

Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 111 adalah  Mhd. Rafli Ramadhan Sinaga sebagai ketua kelompok, dan anggota  yaitu Nuraini, Lia Maulida, Ika Nurdiah, Siti Nur, Sindi Rahayu, Ernida Yanti, Dina Septia, Umi Kalsum Br Pelawi, Mayang, Iwan Dermawan, dan Yohana S Manurung.

Berikutnya Nurul Pahimah, Rifka, Nurhayati, Syahri Romadhoni, Safuna Arnita, Ahmad Alwi Hasibuan, Ridwan Adha, Rika Hijrah, Dera Ilhamda, Muhammad Raja, Adelia Lusiana, Bilqis, Sonia Santa Mahdalena.[kur]


Kirim Komentar