Mahasiswi D-III Kesekretariatan Dilatih Etiket Jamuan Makan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswi Program D-III Kesekretariatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh mengikuti pelatihan Etiket Jamuan Makan  dan Public Speaking di Medan, Sumatera Utara. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Medan – Sebanyak 13 mahasiswi Program D-III Kesekretariatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh mengikuti pelatihan Etiket Jamuan Makan  dan pelatihan Public Speaking di Medan, Sumatera Utara. Dari kedua kegiatan tersebut diharapkan mampu meningkatkan personalitas mahasiswi di depan publik.

Ketua Program Studi D-III Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Likdanawati, M.Si, mengatakan pelatihan etikat jamuan makan menjadi kegiatan rutin yang wajib diikuti mahasiswa. “Kegiatan itu untuk melatih tata krama mahasiswa di meja makan ketika mengikuti kegiatan resmi,” ujarnya tentang kegiatan yang berlangsung medio Desember 2022 lalu.  

Menurut Likdanawati, semua mahasiswa D-III Kesekretariatan memiliki standar etikat ketika berada di meja makan secara resmi. Untuk meningkatkan standar tersebut, para mahasiswa mengikuti pelatihan langsung di Hotel Santika Dyandra, Medan, Sumatera Utara.

“Kegiatan itu terlaksana berkat kerja sama manajemen hotel dengan Program Studi D-III Kesekretariatan. Anak-anak mendapatkan pengalaman dan suasana yang berkelas untuk etiket jamuan makan,” ungkap Likdanawati, Ahad (25/12/2022).

Pelatihan table manners dibimbing langsung Ismail,A.Md. Par sebagai F & B Manager Hotel Santika Dyandra. Dalam pemaparannya, Ismail antara lain mengatakan fungsi utama dari pelatihan adalah mengajarkan sopan santun di meja makan sesuai standar secara universal, sehingga memperkaya kehidupan pribadi dan profesionalisme. 

Selain mengikuti pelatihan tata krama di meja makan, mahasiswa juga mengikuti pelatihan berbicara di depan umum (public speaking).   Pemateri dalam pelatihan ini adalah Ganeral Manager Hotel Santika Dyandra, Sarmad, S.Tr.Par yang antara lain mengingatkan mahasiswa harus memiliki kompetensi di bidang public speaking. “Kecakapan itu sangat mendukung ketika memasuki dunia kerja,” ujarnya.

Kedua kegiatan tersebut diikuti  13 mahasiswa, dosen, dan tenagak kependidikan dari Prodi D-III Kesekretariatan. Pelatihan rutin itu wajib diikuti mahasiswa semester 5 yang berkaitan dengan mata kuliah Praktik Kesekretariatan, Etika Profesi, dan Pengembangan Kepribadian.

“Tujuan dari pelatihan  ini untuk menambah wawasan  dan  meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa D-III Kesekretariatan  yang akan mengikuti praktek kerja lapangan pada semester berikutnya,” tambah Likdanawati yang didampingi dosen pengampu mata kuliah, Hamdiah, M.Si dan Sutriani, MSP, serta tenaga kependidikan, Cut Fauziah, MSM. [ayi]


Kirim Komentar