Mahasiswa Unimal Dominasi Agam Inong Duta Wisata Aceh Utara 2023

SHARE:  

Humas Unimal
Sebanyak enam mahasiswa Universitas Malikussaleh mengukir prestasi dalam ajang Agam Inong Duta Wisata Aceh 2023 di Aula Kantor Bupati Landing, Lhoksukon, Sabtu (5/8/2023) lalu. Foto: Ayi Jufridar

MAHASISWA Universitas Malikussaleh mendominasi Top Ten Agam Inong Duta Wisata Aceh Utara. Bahkan pemenang Agam Duta Wisata diraih Riamizard, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh yang akan mewakiliki Aceh Utara ke tingkat provinsi.

Sebanyak enam mahasiswa Universitas Malikussaleh berprestasi dalam pemilihan Agam Inong Duta Wisata Aceh Utara 2023. Selain Riamizard, prestasi mahasiswa Universitas Malikussaleh di ajang tersebut diraih Cut Tara Nazilla, mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi yang menjadi Wakil I Inong Duta Wisata Aceh Utara 2023. Posisi Inong Duta Wisata diraih Dara Ismadana, mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Syiah Kuala.

Prestasi lainnya diukir Sanidia, mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh yang tampil memukau dewan juri dan menjadi Wakil IV. Prestasi membanggakan juga diraih mahasiswa magister Hukum Unimal, yakni Nahlil Mukta yang menjadi Agam Wakil II serta Teuku Firja Hidayatullah yang menjadi Agam Intelegensia 2023. Firja, mahasiswa Teknik Arsitektur mempresentasikan rancangan destinasi wisata Pantai Bantayan di Aceh Utara dalam bentuk tiga dimensi.

Terakhir, mahasiswa Universitas Malikussaleh berprestasi di Kategori Ekonomi Kreatif yang diraih Muhammad Fauzan. Ia mengangkat perkebunan sawit dari aspek kepariwisataan di Aceh Utara.     

Juara lainnya dari Politeknik Negeri Lhokseumawe, Daniel Khumaidi (Agam Wakil I), Jihan Fanyra (IAIN Lhokseumawe) sebagai Wakil II, Agam Raihan Maulana (IAIN Lhokseumawe) dan Cut Nada Adelyana (USK) sebagai Wakil III, Muhammad Fauzul Shalis (Politeknik Negeri Lhokseumawe) sebagai Agam Wakil; IV, serta Muhammad Hafaz Bunayya dan Tengku Salsabila (SMA Negeri 1 Lhoksukon) sebagai Wakil V.

Untuk juara Inong Intelegensia diraih Febriana Mariska dari Politeknik Negeri Lhokseumawe, kategori Berbakat untuk Zulfikar (Politeknik Negeri Lhokseumawe) dan Nasyifa Darajatun Jannah (SMA Negeri 1 Lhoksukon), dan Cut Intan (IAIN Lhokseumawe), serta kategori Kreatif untuk M. Raihan Al Ma’ruf (SMA Negeri 1 Lhoksukon) dan Fera Amelia (Stikes Muhammadiyah Lhokseumawe).

Pemilihan Agam Inong Duta Wisata Aceh Utara 2023 berlangsung meriah. Suasana riuh di Aula Kantor Bupati Aceh Utara di Landing mendadak senyap ketika pembawa acara, Muhammad Hatta dan Sella Azkia mengumumkan Top 3 Agam dan Inong Duta Wisata Aceh Utara 2023. Para hadirin, terutama keluarga dan pendukung calon yang masuk Top 3, terlihat tegang.

Ketegangan itu bertambah karena Hatta dan Sella menambah rasa penasaran hadirin dengan memotong kalimatnya ketika hadirin sedang serius menunggu. Sella yang dikenal sebagai pembawa acara profesional adalah alumni Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh.

Agam Top 3 yang berada di barisan depan panggung adalah Daniel Khumaidi, Nahlil Mukta, dan Riamizard. Sedangkan Inong Top 3 adalah Cut Tara Nazilla, Dara Ismadana, dan Jihan Fanyra. Agam Inong Aceh Utara 2022, Syahrul Raziqin dan Cut Dinda Salsabila, berjalan anggun di antara Top 3 dengan selempang hitam di tangan. Mereka berputar-putar di antara agam dan inong, sebelum kemudian berhenti.

Berbeda dengan 2022, pemilihan agam lebih dulu dilakukan. Meski musik dengan volume terjaga dari sound system jernih memenuhi seluruh ruangan, ketegangan sangat terasa. Daniel Khumaidi dan Riamizard tampak mencoba meredakan ketegangan dengan tersenyum. Di belakang mereka, Syahrul Raziqin menunggu Hatta mengumumkan Agam Duta Wisata Aceh Utara 2023. Selempang hitam itu kemudian disematkan Syahrul di tubuh Riamizard.

Tidak ada ekspresi berlebihan dari Riamizard. Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh tersebut hanya mengucapkan syukur dan tersenyum lebar. Kemudian dia sibuk menerima plakat, sertifikat, dan hadiah dari sponsor.

Ketegangan serupa juga terlihat ketika pemilihan Inong Duta Wisata. Cut Dinda Salsabila, alumni Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh, tampak tenang di belakang Dara Ismadana dan Cut Tara Nazilla. Kedua calon Inong Duta Wisata itu yang justru tegang menunggu Sella menyelesaikan kalimatnya.

Sebagai mantan finalis Agam dan Inong Aceh Utara, Hatta dan Sella sepertinya cukup paham suasana yang dihadapi peserta sehingga mereka dengan leluasa mengaduk-aduk perasaan semua hadirin. Ketika sudah memegang surat keputusan, hanya pembawa acara dan dewan juri yang mengetahui siapa pemenang.

Terpilihnya Riamizard dan Dara Ismadana sebagai Agam dan Inong Duta Wisata Aceh Utara 2023 mengakhiri tahapan demi tahapan pemilihan yang sudah dimulai sejak Juli dan berakhir Sabtu 5 Agustus lalu. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Aceh Utara Saifuddin, MSP menyebutkan tahun ini mereka proaktif melakukan sosialisasi ke berbagai sekolah dan kampus di Lhokseumawe dan Aceh Utara untuk menjaring potensi generasi muda.

“Peserta membludak sampai 80-an orang. Kami harapkan, tahun depan lebih banyak peserta yang ikut agar benar-benar terpilih duta wisata yang mampu mengharumkan nama Aceh Utara di tingkat provinsi bahkan nasional,” ujar Saifuddin yang didampingi Ketua Panitia Agam & Inong Duta Wisata Aceh Utara 2023, Umar Ali S.Sos, MAP, Rabu (9/8/2023).        

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Utara, Dr A.Murtala, mengharapkan Duta Wisata yang terpilih benar-benar menguasai destinasi unggulan di Aceh Utara. Selain itu, harus memiliki wawasan tentang konsep wisata halal dan kecerdasan agar bisa tampil gemilang di tingkat provinsi.

“Bagi semua finalis, harus ikut mempromosikan kepariwisataan di Aceh Utara,” ujar Murtala yang juga memberikan pertanyaan bagi finalis.

Dewan juri yang terdiri dari Zulkarnaini Hasan M.Si dari Politeknik Negeri Lhokseumawe, Ayi Jufridar MSM dari Universitas Malikussaleh, Hasrul Aziz (alumni duta wisata), Nida Ulfia Hamid (psikolog), serta Ustaz Muhaddis SH, MH, harus jeli memilih juara dan itu tidak mudah, terutama untuk agam.

“Ada peserta berwawasan luas, tetapi kurang memenuhi syarat dalam postur. Begitu juga sebaliknya. Setiap peserta memiliki kelebihan dan kekurangan. Kami mencari juara yang sesuai dengan kriteria di provinsi,” ungkap Zulkarnaini yang juga ketua Jurusan Tata Niaga di Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Riamizard dan Dara Ismadana juga tidak menyangka akan terpilih menjadi Agam dan Inong Duta Wisata Aceh Utara 2023. “Saya lihat finalis lain hebat-hebat semua,” ujar mahasiswa yang pintar menari serta menguasai berbagai destinasi wisata di Aceh Utara.[Ayi Jufridar]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar