Tim PKM-K Agroekoteknologi Unimal Ikuti PKP2 Kemdikbudristek 2023

SHARE:  

Humas Unimal
Tim PKM-K Agroekoteknologi Unimal Ikuti PKP2 Kemdikbudristek 2023

UNIMALNEWS | Reuleut - Dua tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) yang melibatkan mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi Jurusan Budidaya Pertanian Universitas Malikussaleh mengikuti Penilaian Kemajuan Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKP2) 2023 yang dilaksanakan oleh Belmawa Kemdikbudristek Tahun 2023.

Tim pertama yang mengikuti PKP2 diketuai oleh Annisa Sirait dari Program Studi Akuakultur yang beranggotakan Nurul Febry Ananda, dan Vivi Andrianti dari Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian. Topik PKM-K yang dibimbing oleh Rosnina MP ini berjudul “Pelet Libajati: Limbah Batang Jamur Tiram sebagai Pakan Alternatif Ikan Nila (Oreochromis niloticus)”.

Kegiatan PKP2 dilaksanakan sebagai salah satu bentuk pelaporan dan konfirmasi atas ketercapaian kegiatan yang telah dilaksanakan selama PKM berlangsung dan sudah melengkapi logbook kegiatan, logbook keuangan, video progres produk dan laporan kemajuan. Kegiatan PKP2 dinilai oleh  dua orang pakar yaitu Dr Tri Wikaningrum dan Amir Mahmud MP.

Tim yang kedua yang mengikuti PKP2 diketuai oleh Sintia Ningrum dari Program Studi Agroekoteknologi yang beranggotakan Indira Arindi dari FKIP, Ahmad Azhari dari FK, Sri Multiana dari Fakultas Pertanian, dan Ratna Sari Br. Tambunan (Agroekoteknologi). Judul PKM-K yang dibimbing oleh Dr Rd Selvy Handayani ini adalah “Inovasi Permen Jelly Gulma Senggani (Melastoma malabathricum L.) Guna Mengurangi Keputihan (Leukorea) Pada Wanita”.

Luaran yang sudah dihasilkan oleh tim kedua ini adalah sertifikat HKI Hak Cipta, sudah mendapat Nomor Induk Berproduksi (NIB). Adapun artikel ilmiah, Nomor PIRT, Sertifikat Halal MUI dan BPOM, paten sederhana dan pendaftaran merek dagang masih dalam pengurusan. Tim penilai pada tim kedua ini adalah Dr Sahruddin Side dan  Prof Murniati Simorangkir.

Dr. Ismadi selaku Ketua Jurusan Budidaya Pertanian, Selasa (17/10/2023) mengatakan, kegiatan PKP2 2023 yang dilaksanakan secara daring dan ditayangkan juga secara live di kanal youtube Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan bertujuan untuk mengetahui kemajuan kegiatan PKM dan konfirmasi atas ketercapaian kegiatan yang telah dilaksanakan selama PKM berlangsung.

“PKM merupakan wujud dari implementasi Tridharma perguruan tinggi yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) di bawah pengelolaan Belmawa. PKM juga berperan dalam meningkatkan prestasi dan inovasi mahasiswa yang berguna bagi pengembangan keilmuan maupun pembentukan karya baru yang dapat berkontribusi penting pada kehidupan nyata,” ungkapnya.

Ismadi berharap, kedua judul PKM-K yang melibatkan mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi tersebut dapat lolos ke Pimnas ke-36 yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 November – 1 Desember 2023 dimana di Universitas Padjadjaran Bandung akan bertindak sebagai tuan rumah.[tmi]

 


Kirim Komentar