Dosen Unimal Beri Pembinaan Karakter dan Spirit Kemalikussalehan Pada Siswa SMA

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Unimal Beri Pembinaan Karakter dan Spirit Kemalikussalehan Pada Siswa SMA

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Dosen dan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP) Universitas Malikussaleh mengadakan kegiatan Pembinaan dan Karakter Spirit Kemalikussalehan kepada generasi muda Aceh yaitu siswa SMA Tanah Jambo Aye dengan melakukan kegiatan kunjungan ke situs-situs cagar budaya di Kecamatan Samudera Aceh Utara, Rabu (25/10/2023). 

Kunjungan itu dibawah koordinasi Agus Muliaman MPd. Ada sebanyak 22 siswa yang mengikuti kegiatan Pembinaan dan Karakter Spirit Kemalikusalehan dengan mengunjungi Makam Malikussaleh, Makam Putroe Nahrisyah dan Monumen Samudera Pasai.

Dosen Pendidikan Unimal, Agus Muliaman MPd mengatakan, dalam kunjungan ini siswa mampu memahami lebih dalam tentang karakter spirit Kemalikussalehan kepada generasi muda Aceh dengan mengetahui sejarah perjuangan kesultanan yang ada di Aceh, terkhususnya karakter kesultanan Samudera Pasai pada masa kepemimpinan Sultan Malikussaleh.

"Pembinaan ini dilakukan agar generasi muda mengetahui dan tidak melupakan karakter spirit perjuangan yang dimiliki oleh Sultan Malikussaleh,” kata Agus

Juru kunci makam Malikussaleh, Marzuki menyampaikan, Sultan Malikussaleh memiliki sifat yang dapat dicontoh dalam kepemimpinannya yaitu sifat kerendahan hati, bijaksana dan tegas dalam mengambil keputusan serta semangat dalam mendirikan dan memajukan Samudera Pasai.

Setelah dari makam Sultan Malikussaleh dilanjutkan ke makam Putroe Nahrisyah yang tidak jauh dari makam Sultan Malikussaleh. Pada masa kepemimpinannya Putroe Nahrisyah membawa kejayaan Samudera Pasai lebih baik dari sebelumnya.

Salah satu siswi SMA Tanah Jambo Aye, Raivatur Rahmi  menyampaikan, dengan adanya kunjungan ini pihaknya dapat mempelajari karakter dan spirit Kemalikussalehan sehingga mampu menciptakan dorongan dalam dirinya untuk memperbaiki karakter dan spirit yang dimilikinya.[tmi]


Kirim Komentar