Di CEC Mahasiswa Teknik Material Pamer Produk Inovasi Berbahan Baku Lokal

SHARE:  

Humas Unimal
Ka.Prodi Teknik Material Dr Zulnazri bersama mahasiswa yang sedang memamerkan produk inovasi bebahan baku lokal di ajang pameran Chemical Engineering Competion (CEC),HIMATEMIA, Kamis(19/10/2023).Foto:Ist

UNIMAL NEWS | Lhokseumawe- Mahasiswa Teknik Material, Universitas Malikussaleh  ikut berpartisipasi dalam kegitan pameran Chemical Engineering Competion (CEC) yang dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 16-19 Oktober lalu di lapangan Isol, Kampus Bukit Indah, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe. Pada kegiatan tersebut mahasiswa menampilkan produk inovasi berbasis bahan baku lokal yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar.

Ka.Prodi Teknik Material Dr Zulnazri mengatakan, sebenarnya banyak hal yang bisa dibuat dengan sedikit inovasi, karena cukup tersedia bahan baku di lingkungan sekitar kita. Hanya saja perlu pengetahuan dan keinginan untuk melakukan eksperimen, seperti apa yang dipamerkan mahasiswa Teknik Material dalam pameran yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HIMATEMIA) beberapa waktu lalu. Di mana mahasiswa mengolah berbagai limbah untuk dijadikan produk bermanfaat. Salah satunya adalah briket dari berbagai biomassa,seperti batok kelapa, ampas tebu,sekam padi, dan daun kering,”katanya.

Bukan hanya itu, mahasiswa juga membuat sabun berbahan organik dari lidah buaya serta inovasi batako dari Styrofoam dan serat tebu sebagai pengganti agregat. Menurutnya,  semakin banyak event pameran, akan  sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena dapat mengedukasi mereka untuk menghasilkan produk inovasi dengan berbagai kreativitas. Apalagi sekarang mahasiswa dituntut berjiwa entrepreneurship agar mereka bisa mandiri saat selesai kuliah.

“Kegiatan tersebut juga mendukung program MBKM yang digalakkan pemerintah. Apalagi dengan berbagai inovasi yang kita lakukan, mahasiswa semakin bersemangat menghasilkan produk yang mempunyai nilai jual dan ramah lingkungan,”ungkapnya.[ded]

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar