Eco- Brick: Solusi Pengurangan Limbah Plastik di Gampong Keude Mane

SHARE:  

Humas Unimal
Eco- Brick: Solusi Pengurangan Limbah Plastik Gampong Keude Mane

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh - Sampah Plastik diolah menjadi Eco-Brick sebagai upaya pemanfaatan limbah plastik oleh mahasiswa KKN-PPM Kelompok 1 Universitas Malikussaleh Pada Jumat (03/11/2023)

Kegiatan Pemanfaatan Limbah Plastik menjadi Eco-Brick ini dilaksanakan bersama warga Gampong Keude Mane khususnya kaum ibu-ibu. Kegiatan yang langsung mendapat arahan dan bimbingan dari DPL Kelompok 1 Bapak Muksalmina, M.H ini juga merupakan suatu bentuk pemberdayaan kegiatan berkualitas untuk ibu-ibu PKK gampong Keude Mane.

Fathia Balqis selaku Penanggung Jawab Kegiatan menjelaskan bahwa Eco-Brick sangat bermanfaat bagi alam gampong dan diharapkan pula dapat bermanfaat bagi perekonomian masyarakat Gampong.

"Eco-Brick ini dapat mengurangi sampah plastik yang tersebar di gampong keude mane, yang akan berdampak terjadinya pencemaran. Dengan mengolah sampah plastik menjadi eco-brick yang nantinya dapat dibentuk menjadi meja, kursi, dan lain sebagainya diharapkan dapat menjadi produk yang memiliki nilai jual, dan menjadi produk khas dari Gp. Keude Mane,” jelas Fathia.

Ketua PKK Gampong Keude menyebutkan bahwa Produk olahan Eco-Brick ini dapat menjadi kenang-kenangan yang sangat bermanfaat dan menjadi pembelajaran bagi masyarakat Gampong Keude Mane.

"Eco-brick ini dapat dibuat menjadi meja atau kursi yang bisa dipakai dalam jangka panjang, sehingga dapat menjadi kenang-kenangan dari adik-adik mahasiswa KKN." Sebut Ketua PKK

Ia juga menambahkan, "Dengan adanya program eco-brick dari mahasiswa KKN ini menjadi pembelajaran bagi ibu-ibu gampong Keude Mane, sehingga setelah ini ibu-ibu dapat memanfaatkan sampah plastik menjadi sesuatu yang bernilai."

Sampah plastik merupakan sampah yang paling lama terurai di alam, membutuhkan waktu belasan tahun untuk sampah tersebut terurai dan dapat terjadi dampak buruk yaitu pencemaran lingkungan. Maka program kerja yang dilakukan oleh Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 1 KKN - PPM Unimal ini merupakan suatu dedikasi untuk gampong dan untuk alam raya.[tmi]


Kirim Komentar