Ratusan Mahasiswa Unimal Ikuti Latihan Bela Negara di Makodim 0103 Aceh Utara

SHARE:  

Humas Unimal
Ratusan Mahasiswa Unimal Ikuti Latihan Bela Negara di Makodim 0103 Aceh Utara

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Ratusan mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) mengikuti Latihan Bela Negara di Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0103 Aceh Utara yang berlangsung selama dua hari, (2-3/12/2023).

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Alfian MA mengatakan, Bela Negara adalah agenda rutin Belmawa Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) yang diselenggarakan setiap tahunnya.

“Unimal bekerja sama dengan Kodim 0103 Aceh Utara untuk menggelar kegiatan ini. Para peserta di rekrut  dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Unimal berasal 19 UKM ditambah mahasiswa yang diutus dari fakultas yang ada. tahun ini ada 100 mahasiswa yang lolos,” katanya.

Alfian berharap agar para mahasiswa yang dikirim tersebut bisa memperdalam wawasan kebangsaan, dan meningkatkan disiplin usai mengikuti kegiatan ini.

“Mereka juga di inapkan di lokasi pelatihan Untuk agar bisa menyerap proses latihan secara mendalam,” ungkapnya.

Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Kav Makhyar MM saat memimpin upacara pembukaan latihan bela negara  mahasiswa Unimal, Sabtu (2/12/23) menyampaikan, agar mahasiswa mempunyai kesadaran dan kemampuan untuk bela negara.

"Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang oleh karena itu kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul produktif, inovatif dan budaya sains," tutur Makhyar.

Dandim menjelaskan  kesadaran  bela negara adalah sikap perilaku dan tindakan warga negara baik secara perorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan keutuhan wilayah serta keselamatan bangsa. Nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia kepada Pancasila sebagai ideologi negara.

"Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam program kesadaran bela negara baik di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan maupun lingkungan masyarakat pada umumnya," tambah Dandim.

Dandim juga meminta agar para peserta dan instruktur melaksanakan kegiatan bela negara ini dengan semangat dan penuh rasa tanggung jawab. Momen ini diharapkan menjadi  wadah belajar dan silaturahmi sesama mahasiswa sekaligus mempererat hubungan Universitas Malikussaleh dengan  Kodim 0103 Aceh Utara.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar