PKL di PTPN IV Regional I Kebun Saring Giting, Ini yang Dilakukan Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal

SHARE:  

Humas Unimal
PKL di PTPN IV Regional I Kebun Saring Giting, Ini yang Dilakukan Mahasiswa Agroekoteknologi Unimal

UNIMALNEWS | Serdang Bedagai - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL)  di PTPN IV Regional I Kebun Saring Giting, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Kegiatan ini melibatkan 5 mahasiswa yaitu Andika Pratama, Bagoes Sajiwo, Andri Pratama Sipayung, Hafsa Hayani Hutabarat, Latifa Salwa. Mereka  dibimbing oleh Muhammad Yusuf N MP dan Novita Pramahasari Putri MSc.

Kegiatan PKL ini sangat bermanfaat bagi mereka yang akan memasuki semester 6 sebagai langkah awal untuk terjun ke dunia pekerjaan, selain itu tujuan PKL ini dapat menambah wawasan serta pengenalan lebih spesifik di lapangan tentang budidaya Tanaman Kelapa sawit dan Budidaya Tanaman Karet dari pemeliharaan hingga ke pasca panen.

“Kami melaksanakan kegiatan PKL selama 1 Bulan di Kantor PTPN IV Regional I Kebun Saring Giting ini,” kata Andika Pratama.

Gustiansyah Perdhana Putra SP Selaku Asisten Kepala PTPN IV Regional I Kebun Saring Giting menyampaikan selamat bergabung untuk mahasiswa Unimal selama 1 Bulan ke depan, semoga dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan apa yang diharapkan bisa mengambil Ilmu sebanyak-banyaknya.

“Para mahasiswa sudah mulai melaksanakan di Kantor Afd II, dimana ada nya Pemeliharaan TBM (Tanaman Belum Menghasilkan), TM (Tanaman Menghasilkan), TK (Tanam Konversi), dan TBS (Tandan Buah Segar), Serta Hama dan Penyakit Pada Tanaman Kelapa Sawit, Pembibitan Tanaman Mucuna,” ungkapnya.

Ponirin SP Selaku Asisten asisten Afd II mengatakan, Adapun jenis bibit yang di tanam di Perkebunan PTPN IV Regional I Kebun Saring Giting menanam bibit dengan varietas TK SP239 dan SP540 Untuk Tanaman Kelapa Sawit.

“Selain itu dilakukan Penanaman Bunga Pukul Delapan, Bunga Air Mata Pengantin sebagai Rangsangan Hewan Predator untuk kemudian hewan predator pemakan hama yang ada di tanaman kelapa sawit,” tungkasnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar