Unimal Laksanakan Workshop Penguatan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi

SHARE:  

Humas Unimal
Unimal Laksanakan Workshop Penguatan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi. Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Universitas Malikussaleh (Unimal) melalui Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) melaksanakan Workshop Penguatan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi. Acara ini berlangsung di Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, pada hari Senin (27/5/2024).

Workshop tersebut dibuka oleh Rektor Unimal, Prof Dr Herman Fithra ASEAN Eng. Dalam sambutannya, Prof. Herman menegaskan pentingnya pencapaian akreditasi unggul bagi Unimal. “Unimal telah dibangun dengan anggaran besar dari bantuan Asian Development Bank (ADB). Saya mengharapkan kita harus mencapai unggul, kalau tidak, pembangunan infrastruktur yang sedang kita rintis ini menjadi tidak berarti,” ujarnya.

Prof Herman menekankan bahwa seluruh sivitas akademika harus bekerja keras dan berkomitmen penuh untuk mencapai target tersebut.

Prof. Herman dalam penutupannya menekankan bahwa workshop ini adalah langkah awal dari serangkaian kegiatan yang akan terus dilakukan oleh Unimal untuk mencapai akreditasi unggul.

“Kami akan terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di Unimal. Saya percaya dengan komitmen dan kerja keras, kita bisa mencapai target akreditasi unggul yang kita cita-citakan,” tegasnya.

Kegiatan workshop ini menghadirkan Dr Ir M. Aman Yaman (Wakil Rektor I Universitas Teuku Umar), sebagai pemateri utama. Dalam pemaparannya, Dr. Aman menyoroti pentingnya komitmen dari pimpinan perguruan tinggi, terutama Rektor, untuk mencapai akreditasi unggul.

“Akreditasi unggul hanya mungkin jika ada komitmen yang kuat dari pimpinan. Ketika melihat potensi yang ada di Unimal, jalannya telah on the track, tinggal dikerjakan saja,” kata Dr. Aman. Ia memberikan berbagai strategi dan langkah konkret yang dapat diambil oleh Unimal untuk memperkuat akreditasi institusinya.

Workshop ini dihadiri oleh 35 peserta yang terdiri dari berbagai elemen internal Universitas Malikussaleh, termasuk para Wakil Rektor, Dekan, Kepala Lembaga, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), Kepala Pusat (Kapus), Gugus Jaminan Mutu (GJM), serta Tim Akreditasi APT. Para peserta antusias mengikuti setiap sesi dan aktif berdiskusi mengenai tantangan dan solusi dalam upaya meningkatkan akreditasi institusi.

Selama workshop, berbagai topik penting dibahas, termasuk strategi peningkatan mutu pendidikan, penguatan sistem penjaminan mutu internal, dan optimalisasi sumber daya yang ada di Unimal. Diskusi juga mencakup pentingnya inovasi dalam proses pembelajaran dan penelitian untuk mendukung pencapaian akreditasi unggul.

Workshop Penguatan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi ini merupakan salah satu upaya nyata Unimal dalam meningkatkan kualitas dan daya saing institusinya di tingkat nasional maupun internasional. Dengan semangat kebersamaan dan komitmen yang kuat, diharapkan Unimal dapat meraih akreditasi unggul dan menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.[tmi]

 


Kirim Komentar