Himamen Unimal Adakan Webinar Internasional Bahas Karya Tulis Ilmiah

SHARE:  

Humas Unimal
Tangkap layar Zoom Metting, Kamis (27/6/2024).

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himamen) Universitas Malikussaleh adakan Webinar Internasional tentang karya tulis ilmiah. Acara ini dihadiri oleh ratusan peserta dari 40 universitas yang berbeda.

Webinar tersebut berlangsung melalui Zoom Metting, Kamis (27/6/2024) dengan tema “Optimizing the role of students in developing throught scientific writing with international competitiviness”.

M Fikram selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa webinar ini merupakan program unggulan dalam divisi hubungan masyarakat (Humas) Himamen. 

"Kita mencoba mengoptimalkan peran mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan dan kemampuan intelektual melalui penulisan ilmiah dengan daya saing internasional," terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa target sasaran dalam webinar ini adalah seluruh mahasiswa-mahasiswi di Indonesia. 

"Penulisan karya tulis ilmiah selain menjadi rangkaian penting dalam aspek pengetahuan dan pendidikan, pemahaman yang sangat mendalam akan hal ini merupakan suatu keharusan yang juga tentunya harus dimiliki oleh seorang mahasiswa," ungkapnya.

Tambah Fikram, kami menghadirkan narasumber yang tentunya juga sangat ahli dalam bidang kepenulisan karya tulis ilmiah, yaitu Mr Jumadil Saputra PhD dari Universiti Malaysia Treangganu dan Dr Mariyudi dari Universitas Malikussaleh.

"Mr Jumadil merupakan alumni Unimal yang saat ini sudah menjadi dosen dan guru besar di Universiti Malaysia Treangganu, sementara Dr Mariyudi merupakan dosen dari Unimal," ujarnya.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unimal, Julli Mursyida PhD, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang amat besar kepada Himamen yang sudah menyelenggarakan webinar internasional ini. 

"Besar harapannya untuk webinar ini dapat dilanjutkan  dan juga dapat memotivasi himpunan-himpunan lainnya di lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis agar dapat membuat acara serupa demi memajukan dan meningkatkan kualitas mahasiswa ekonomi utamanya dalam bidang kepenulisan karya tulis ilmiah," jelasnya.

Mr Jumadil dalam materinya menjelaskan bahwa dalam mencari topik yang menarik dalam karya tulis ilmiah, kita perlu mencari topik yang masih hangat dan tengah ramai di perbincangkan.

"Kita juga harus tau dari siapa dan dari mana topik ini dimulai, telitilah sesuatu yang sedang diteliti, jangan meneliti sesuatu yang sudah diteliti," ujar Mr Jumadil. 

Sementara Dr Mariyudi menyampaikan bahwa perlu adanya peningkatan motivasi diri dari seorang penulis ketika memulai suatu karya tulis ilmiah. 

"Kita perlu menumbuhkan motivasi diri dan menanamkan rasa tanggung jawab terhadap masa depan kita sendiri, menulis itu mudah dan tidak ribet, jika kemauan kita sudah besar maka kita bisa menciptakan sebuah karya," ungkap Dr Mariyudi.

Pada sisi lain, Dr Darmawati selaku Ketua Jurusan Manajemen mengatakan dengan terselenggaranya seminar ini semoga memberikan motivasi bagi mahasiswa ke depan.

"Kegiatan ini dapat menjadi modal bagi mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk mengikiti kompetisi penulisan karya tulis ilmiah di tinggal Nasional maupun international," pungkasnya. [fzl]


Kirim Komentar