FKIP Unimal Adakan Lokakarya Evaluasi dan Revisi Kurikulum

SHARE:  

Humas Unimal
FKIP Unimal Adakan Lokakarya Evaluasi dan Revisi Kurikulum

UNIMALNEWS | Lhokseumawe –  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Malikussaleh mengadakan kegiatan evaluasi dan revisi kurikulum dengan tujuan untuk mengevaluasi kurikulum berbasis OBE (Outcome Based Education) yang dilaksanakan pada Selasa, (2/7/2024) di Gedung Aula Cut Mutia, Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe.

OBE yaitu sistem pendidikan berfokus pada outcome dan tidak hanya berpusat pada materi yang harus diselesaikan. Narasumber yang dihadirkan adalah Dr Wiwit Artika MEd dari Universitas Syiah Kuala yang memberikan materi dan masukan tentang kurikulum berbasis OBE. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh perwakilan dari Disdikbud Aceh Utara, Kepala Sekolah, dan Waka Kurikulum di wilayah Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, serta Kepala Pusat LP3M Universitas Malikussaleh.

Wakil Dekan II FKIP Unimal, Teuku Azhari MEd mengatakan, kegiatan evaluasi dan revisi kurikulum ini diharapkan mampu meningkatkan mutu akademik serta menciptakan dosen dan mahasiswa yang berkualitas, sehingga dapat mengembangkan mutu internal dengan baik dan efektif.

“Informasi yang diperoleh dari kegiatan ini diharapkan dapat membantu dosen dalam meningkatkan evaluasi kurikulum. Meskipun diakui bahwa pelaksanaan kegiatan ini menghadapi berbagai kendala, terutama dalam proses pengumpulan data,” katanya.

Dr Fajriana MSi, selaku Ketua Jurusan Pendidikan Ilmu Terapan mengutarakan bahwa pelaksanaan evaluasi dan revisi kurikulum merupakan wujud nyata dari komitmen FKIP terhadap pentingnya peningkatan dan perbaikan evaluasi kurikulum untuk memberikan pelayanan pendidikan yang berkelanjutan kepada mahasiswa.

“Kegiatan ini diikuti oleh enam Prodi yaitu Pendidikan Bahasa Indonesia, PVTM, Matematika, Fisika, Kimia, dan PPG,” ungkapnya.

Ririn Rahayu sebagai panitia pelaksana kegiatan ini mengatakan evaluasi dan revisi kurikulum ini adalah upaya untuk menjamin mutu penggunaan kurikulum di tingkat program studi. Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) melakukan pemantauan menggunakan instrumen yang dapat digunakan sebagai evaluasi diri bagi program studi terkait, dilakukan secara berkala.

“Hasil dari kegiatan ini diharapkan menjadi bahan evaluasi bagi seluruh civitas akademika untuk meningkatkan kualitas kurikulum dan pembelajaran di Universitas Malikussaleh,” tutup Ririn.[tmi]


Kirim Komentar