Mahasiswa Unimal Wakili Aceh ke PKPMN Kemenpora RI di Jakarta

SHARE:  

Humas Unimal
M. Rafli Al Thoriq Mustafa

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - M. Rafli Al Thoriq Mustafa, mahasiswa semester lima Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh lolos seleksi Pelatihan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Angkatan V 2024. 

Rafli akan mewakili Aceh mengikuti PKPMN Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Kegiatan bergengsi tersebut akan berlangsung di Jakarta mulai tanggal 1 hingga 16 September 2024 mendatang.

PKPMN merupakan program unggulan Kemenpora yang fokus terhadap pendidikan pemuda untuk menjadi kader pemimpin muda nasional. Kegiatan PKPMN Angkatan V Tahun 2024 diikuti 110 peserta terpilih dari ribuan pendaftar seluruh Indonesia. Selain dibekali dengan pelatihan kepemimpinan dan wawasan kebangsaan, peserta akan melakukan kunjungan belajar ke berbagai kementerian/lembaga.

Kunjungan meliputi ke Lemhannas RI, MK, DPR RI, Huawei Indonesia, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, serta ke Kemenpora untuk menerima materi dari narasumber seperti BPKP, Kemenparekraf, UNJ, BSSN, BNN, dan Kemenkominfo.

Peserta yang lolos PKPMN adalah perwakilan semua provinsi di Indonesia dari berbagai elemen, seperti Organisasi Kepemudaan, Kemahasiswaan, Minat Bakat, dan Pemuda Disabilitas. Sedangkan, Rafli lolos PKPMN melalui jalur rekomendasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh.

“Saya sangat bersyukur bisa mewakili Aceh ke PKPMN V. Tidak menyangka bisa terpilih, karena pendaftarnya yang sangat banyak. Mereka semua adalah pemuda-pemudi hebat Indonesia. Meski begitu, saya tetap optimis bisa menyelesaikan setiap tahap seleksi hingga diumumkan lolos PKPMN,” ungkap Rafli bahagia.

Sebelumnya, Rafli juga sering menorehkan prestasi di kancah nasional serta aktif diundang sebagai narasumber dalam berbagai lokakarya dan pelatihan. Ia pernah memenangkan sayembara penulisan 3 buku dari Kemendikbud Ristek, Duta Bahasa Nasional dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, penulis buku, konselor perdamaian Aceh, pemateri dalam berbagai pelatihan dan lokakarya, juri duta bahasa, serta prestasi membanggakan lainnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar