Dilaksanakan Dua Hari, Ujian TPA Calon ODP Pabrik NPK-PIM di Unimal Berlangsung Lancar

SHARE:  

Humas Unimal
Peserta Tes Potensi Akademik (TPA) calon Operator Development Program (ODP) Pabrik NPK Pupuk Iskandar Muda di GOR Uteungkot Unimal,Lhokseumawe. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Pelaksanaan Tes Potensi Akademik (TPA) Operator Development Program (ODP) untuk  Pabrik Nitrogen Phospor dan Kalium (NPK) Pupuk Iskandar Muda yang berlangsung Sabtu-Minggu (7-8 Maret 2020) berjalan dengan lancar. Ujian yang dilaksanakan pada hari libur ini memberikan kesempatan bagi peserta yang berasal dari tempat yang jauh untuk bisa ikut tes tersebut.

Baca juga: 1.554 Calon ODP Pabrik NPK-PIM Mengikuti Ujian TPA di Unimal

Salah satu tim seleksi dari Universitas Malikussaleh, Dr Ismadi kepada Unimalnews mengatakan peserta ujian TPA ini awalnya berjumlah 1554 yang disaring dari 2.872 pelamar. Setelah melalui seleksi administrasi mereka kemudian mengikuti ujian TPA di GOR Uteungkot Unimal,Lhokseumawe dengan empat sesi selama dua hari.

"Namun kenyataannya tidak semua peserta lulus administrasi mengikuti ujian dengan berbagai alasan. Bagi yang tidak ikut TPA otomatis akan gugur untuk ikut seleksi selanjutnya,"kata Ismadi.

Menurutnya, dari Tes Potensi Akademik ini akan disaring 300 terbaik dan kemudian mengikuti Psikotes. Psikotes sendiri nanti akan disaring 100 orang untuk ikut Tes Wawancara. Dari Tes Wawancara nanti akan diambil 70 terbaik dan akan diterima 50 orang dan 20 orang lainnya akan menjadi cadangan.

Lanjutnya, meskipun nantinya ODP ini telah diterima dan lulus sebagai karyawan PIM untuk bekerja pada pabrik pupuk NPK, mereka tidak otomatis menjadi tenaga siap pakai. Akan ada pelatihan yang akan diikuti oleh mereka selama dua tahun sebelum menjadi tenaga profesional.

“Jadi prosesnya akan cukup lama, karena mereka bekerja di sektor industri hilir migas nasional yang memerlukan keahlian dan profesionalitas tinggi, untuk meminimalisasi resiko pekerjaan”, tutup Ismadi.[tkf]


Kirim Komentar