Peringkat Webometrics Unimal Melesat 200 Persen

SHARE:  

Humas Unimal

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Upaya Universitas Malikussaleh untuk menaikkan peringkat Webometrics dalam setahun terakhir ini membuahkan hasil maksimal. Dari peringkat 385 tahun 2019 menjadi 102 pada 2020 atau meningkat lebih dari 200 persen. Peningkatan tersebut berkat kerja semua pihak di Universitas Malikussaleh untuk terus memperbaiki Webometrics Rangking of World Universities.

Berdasarkan pengumuman Webometrics yang dirilis baru-baru ini, Universitas Malikussaleh berada di peringkat 102 di bawah Universitas Pattimura yang bertengger di urutan 101. Unimal memiliki rangking 4.822 untuk kategori presence, peringkat 7.444 untuk kategori impact,  rangking 3.760 untuk kategori openness, dan rangking 6.084 untuk kategori excellence.

Sebagai perbandingkan, di Indonesia peringkat pertama diraih Universitas Indonesia yang menggeser posisi Universitas Gadjah Mada yang kini berada di posisi kedua. UI meraih peringkat pertama di Indonesia dengan aspek presence di peringkat 196, aspek impact 478, openness 923, dan aspek excellence 1.418.

Webometrics menilai universitas dari empat aspek, yaitu presence, impact, openness, dan excellence. Presence diukur beradasarkan jumlah situs web, termasuk sub domain yang ada di suatu universitas. Aspek impact dinilai dari banyaknya backlink dari situs luar.

Baca juga: Bahas Peringkat Webometrics, Tiga Unit Kerja Unimal Lakukan Koordinasi

Sementara, openness diukur dari jumlah file berbagai jenis seperti .pdf, .doc, .ps, .eps, .docx, .ppt, atau .pptx, yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas. Excellence dinilai dari jumlah artikel publikasi ilmiiah karya civitas academica universitas.

Untuk perbaikan peningkatan peringkat Webometrics, September 2019 lalu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Malikussaleh, membahas strategi perbaikan peringkat bersama UPT Kehumasan dan UPT Puskom. Ketiga lembaga tersebut memiliki peran sentral dalam memperjuangkan perbaikan peringkat Webometrics.

“Sebenarnya, kita mulai juga sudah menjelang akhir tahun. Kalau dimulai lebih cepat, insya Allah peringkat Webo Unimal jauh lebih baik, apalagi dengan dukungan dari semua civitas academica,” ujar Kepala UPT Kehumasan Unimal, Teuku Kemal Fasya, Selasa (4/2/2020).

Untuk perbaikan peringkat ke depan, khusus yang menjadi bagian dari kinerja Kehumasan, Kemal menyebutkan akan meningkatkan kerja sama dengan berbagai media agar jumlah backlink situs Universitas Malikussaleh semakin banyak di portal lain, termasuk portal perguruan tinggi lain di Indonesia.

Sebelumnya, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universital Malikussaleh, Dr Azhari, mendorong para dosen untuk meningkatkan penelitian dan penerbitan jurnal karena bersentuhan langsung dengan perbaikan peringkat webometrics. Selain itu, fakultas juga harus lebih aktif menggelar seminar nasional dan internasional. “Badan Pengelola Jurnal diharapkan bisa membina penerbitan jurnal fakultas yang terakreditasi,” tandasnya.[ayi/ryn]

Baca juga: Dr Herman Fithra: Status Peringkat Kinerja Penelitian Unimal Terbang Tinggi


Kirim Komentar