Mengedukasi Masyarakat dengan Membagikan Masker Produksi Sendiri

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN kelompok 164 Universitas Malikussaleh yang bertugas di Dusun BTN Arun Desa Paloh Lada bagikan masker hasil buatan sendiri kepada masyarakat. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Masa pandemi belum dapat dipastikan kapan berakhir. Pada situasi ini masyarakat diharapkan waspada dan tetap harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, mahasiswa KKN kelompok 164 Universitas Malikussaleh yang bertugas di Dusun BTN Arun Desa Paloh Lada Kecamatan Dewantara, Aceh Utara melakukan kepedulian terhadap masyarakat setempat dengan membagikan masker gratis dari hasil kerajinan tangan mereka sendiri.

Kelompok 164 yang beranggotakan tujuh orang yaitu Firdani Meliana, Frisca Gita Krisnamurti, Muizzah dari Prodi Pendidikan Kimia, Intan Rahmi Prodi Teknik Informatika, Siti Husnul Khairani, Zahraini dan Herlina dari Prodi pendidikan  Bahasa Indonesia. Kegiatan mereka turut didampingi Dosen Pembimbing Lapangan  (DPL) Romi Asmara MHum.

"Kegiatan menjahit masker membutuhkan waktu yang relatif lama sekitar satu sampai dua minggu untuk proses penjahitan hingga selesai," kata Firdani Meliana kepada Unimalnews, Kamis (14/5/2020).

Sementara DPL Romi Asmara mengatakan pembagian masker adalah salah satu cara untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Dusun BTN Arun. Mahasiswa berusaha semampu mungkin untuk membantu warga dengan cara memberikan edukasi dan juga membagikan masker hasil produksi sendiri.

"Kegiatan pembagian masker ini selain mendekati diri dengan masyarakat, juga memberikan dampak positif langsung bagi mahasiswa dalam hal pengembangan kreativitas untuk dapat membuat masker olahan sendiri," tuturnya.   

Di samping itu, Romi menyebutkan dapat menghemat biaya yang dikeluarkan karena bisa menekan produksi bahan yang lebih cocok untuk dijadikan masker.   

"Selain itu juga dapat dijadikan bentuk ekonomis menambah pendapatan di waktu luang selama pandemik ini masih berlangsung," tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar